Pemprov DKI Bikin Warga Kayu Putih Jengkel, Ingin Bangun Puskesmas Tapi di Atas Lahan RTH
Warga Kayu Putih Pulogadung Jaktim keluhkan rencana Pemprov DKI bangun Puskesmas di atas lahan RTH/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Warga perumahan Tanah Mas, RW 01, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur mengeluhkan adanya rencana pembangunan Puskesmas yang mengokupasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tanah Mas.

Seluruh warga RW 01 merasa keberatan atas rencana Pemprov DKI Jakarta atas pembangunan proyek Puskesmas tersebut. Pasalnya, warga RW 01 lebih membutuhkan keberadaan RTH di wilayahnya.

Warga RW 01 juga mengklaim, keluhan atas penolakan adanya alih fungsi lahan taman ini juga didukung oleh 9 RW lainnya yang berada di Kelurahan Kayu Putih. Adapun RW yang turut mendukung warga RW 01 adalah RW 03, 04, 05, 06, 10, 14, 15, 16 dan RW 17.

"Warga tidak pernah menolak pembangunan puskemas tapi tolong jangan di atas lahan RTH, bukan hanya RTH di Tanah Mas tapi di RTH dimanapun, pokoknya jangan," kata Godham, salah satu warga RW 01 Perumahan Tanah Mas kepada wartawan, Rabu, 22 November.

Godham menilai, keberadaan RTH di wilayah RW 01 sangat penting bagi warga.

"Lahan RTH saat ini sudah berkurang, mau dikemanakan RTH kita bila Puskesmas dibangun?. (warga) Sangat membutuhkan RTH, bukan hanya kita tapi seluruh warga," ujarnya.

"Kita butuh puskesmas, tapi kita juga butuh RTH," imbuhnya.

Warga berharap, keberadaan RTH Tanah Mas tetap berdiri tanpa ada yang berkurang lahannya.

"Harapan kita jangan di sini bangun puskemasnya. RTH dirawat oleh kelurahan (Kayu Putih) agar lebih cantik dan rapi. Bersama warga agar semakin bagus," harap warga.