Lima Tempat Wisata Alternatif di Nusantara
Objek wisata Tana Toraja. (Foto: Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19 di luar negeri, pemerintah Indonesia menggenjot kunjungan ke destinasi wisata lokal. Ada beberapa pilihan tempat pagi wisatawan lokal terkait hal tersebut, yang tentunya tak kalah menarik dengan destinasi wisata di luar Tanah Air.

Salah satu penyedia jasa pemesanan penginapan, RedDoorz menginisiasi kampanye dengan tagar #SemudahItu untuk menarik wisatawan, khususnya dalam negeri, yang tetap ingin berlibur di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19.

Kampanye ini, sejalan dengan usaha pemerintah untuk menjaga perekonomian dalam negeri yang terdampak karena mewabahnya COVID-19. Seperti diketahui, sektor pariwisata merupakan yang paling besar terkena imbasnya.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga sudah menganggarkan Rp443,39 miliar dalam bentuk insentif diskon tiket pesawat hingga 30 persen pada 10 destinasi domestik.

Selain itu, pemerintah juga akan membayar Rp3,3 triliun kepada 33 kabupaten/kota dari 10 destinasi tersebut, agar tak perlu lagi memungut pajak hotel dan restoran selama enam bulan.

Wabah COVID-19 saat ini sedang melanda dunia sejak ditemukan pada akhir tahun 2019. Virus ini menyebar dengan cepat ke berbagai negara seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Italia, yang kerap menjadi destinasi liburan. Bahkan, saat ini virus mematikan ini sudah masuk ke Tanah Air.

Public Relations Manager RedDoorz, Puji Agung Budiman mengatakan, tidak ada salahnya jika masyarakat menahan diri untuk bepergian ke negara-negara berisiko maupun berlibur ke tempat wisata di dalam negeri yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

RedDoorz, kata Puji, mengajak serta masyarakat untuk tetap beraktivitas dan berlibur secara cermat di tengah wabah COVID-19. Karena itu, kampanye #SemudahItu dicanangkan sebagai solusi bagi wisatawan.

"RedDoorz memberikan rekomendasi wisata alternatif anti mainstream yang tak kalah menarik di dalam negeri untuk dijelajahi," ujar Puji, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, di Jakarta, Senin, 2 Maret.

1. Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak merupakan kota yang sangat cocok untuk kalian yang suka berburu kuliner khas daerah. Kota ini menyimpan berbagai menu makanan unik yang wajib dicoba. Salah satunya adalah Ce Hun Tiaw yakni jajanan es campur ala Pontianak yang khas, disajikan bersama sagu potong yang dicampur dengan kacang merah, ketan hitam, mutiara, dan bongko (ati pari).

Kudapan lain yang harus kalian coba selama di tempat yang dijuluki kota Khatulistiwa ini adalah es krim Angi, yang disuguhkan pada batok kelapa, dan secangkir kopi legenda Koh Asiang yang dibuat dengan metode Hainan, ditarik-ulur hingga berbuih.

2. Kebumen, Jawa Tengah

Pernah dengar tempat wisata bernama Benteng Van Der Wijck? Terdengar seperti di Belanda ya. Eits, tunggu dulu, Benteng Van Der Wijck ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen. Benteng peninggalan kolonial Belanda yang unik ini menjadi daya tarik sendiri untuk para traveler jika mereka mengunjungi Kebumen.

Tak hanya itu, mau main air di pantai? Kebumen juga terkenal dengan Pantai Menganti-nya yang sangat indah dan memiliki air yang jernih. Memiliki pasir putih dan di kelilingi bukit serta tebing alam yang hijau, membuat Pantai Menganti wajib dikunjungi jika singgah di Kebumen.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Mau ngerasain berkeliling savana layaknya di Afrika? Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, karena Indonesia punya Taman Nasional Baluran yang letaknya di Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan tempat ini memiliki julukan 'Little Africa in Java', karena miripnya dengan pemandangan savana yang ada di Afrika.

Taman Nasional Baluran ini luasnya sekitar 25.000 hektar. Kawasan ini digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. Belum ke Banyuwangi namanya kalau belum menginjakkan kaki di Taman Nasional Baluran.

Ada satu hal lagi yang seru dari Banyuwangi, tiap tahunnya terdapat karnaval tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi yaitu 'Banyuwangi Ethno Carnival'. Festival tahunan yang memamerkan busana-busana menarik ini berparade dengan melalui rute sepanjang kurang lebih dua kilometer, dimulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

4. Sabang, Aceh

Tempat wisata paling barat Indonesia, yaitu Sabang. Salah satu kota terujung yang terletak di Pulau Weh ini, mempunyai banyak sekali objek wisata bahari yang pesonanya sangat memikat. Di antaranya terdapat pantai Iboih yang menjadi tujuan utama di Sabang.

Pantai Iboih mempunyai ombak yang tenang yang dapat menenangkan pikiran dari padatnya rutinitas. Selain itu, di sini kalian bisa melihat tempat yang dulunya menjadi sarang burung walet, yaitu Gua Sarang.

5. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Pesona nusantara wilayah timur memang tidak perlu diragukan. Selain wisata laut, kalian pun bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Indonesia timur dengan budayanya yang kuat dibalut nuansa mistik khas Tana Toraja.

Salah satu destinasi wisata Toraja Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kete Kesu, kompleks rumah adat Tana Toraja, yang dikenal juga dengan nama Tongkonan. Berlokasi di kawasan perbukitan dan persawahan yang cantik, rumah adat tersebut merupakan persemayaman mayat sebelum akhirnya dikebumikan.

Jika kalian sudah singgah di Tana Toraja, rasanya tidak sah kalau belum menyempatkan diri ke Wisata Londa, kompleks kuburan yang berada di tebing batu besar yang dikelilingi pegunungan. Penempatan mayat di kawasan ini tidak bisa sembarangan karena konon perlu disesuaikan dengan garis keluarga.

"Destinasi-destinasi wisata tersebut bisa menjadi alternatif untuk membuat liburan kamu tetap seru dan berkesan. RedDoorz menginisiasi kampanye #SemudahItu untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para traveler yang ingin berlibur," tuturnya.