Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak wisata alternatif di Jakarta yang bisa dikunjungi pada akhir pekan atau saat libur panjang. Warga ibu kota tidak perlu jauh-jauh berlibur ke Puncak, Bogor, lantaran kawasan tersebut selalu macet panjang saat long weekend.

Sebagaimana yang terjadi belum lama ini, jalur Puncak, Bogor mengalami macet horor pada libur panjang 14-6 september 2024.

Pada momen tersebut, sejumlah wisatawan harus menghadapi kemacetan parah hingga puluhan jam di kawasan wisata idola warga Jakarta dan sekitarnya tersebut. Kemacetan ini bahkan membuat seorang wisatawan meniggal dunia.

Oleh sebab itu, ketimbang terjebak macet di jalur wisata, warga DKI dan sekitarnya lebih baik menjadikan tempat liburan di Jakarta sebagai alternatif pilihan selain Puncak, Bogor.  

Lantas, apa saja tempat wisata Jakarta yang bisa dijadikan sebagai pilihan? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.

Wisata Alternatif di Jakarta

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa dijadikan sebagai alternatif saat akhir pekan atau libur panjang.

Obyek wisata ini menawarkan ragam hiburan yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu libur.

Terletak di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, TMII merupakan taman hiburan bertemaa kebudayaan Indonesia. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati rangkaian acara atau hiburan yang diberikan sembari mengenal serta belajar budaya Indonesia.

Tiket masuk TMII bisa dibeli secara online maupun offline. Harga tiketnya dibanderol Rp25 ribu per orang.

  1. Ancol

Berikutnya, warga Ibu Kota juga bisa berlibur ke Taman Impian Jaya Ancol daripada menghabiskan akhir pekan di kawasan wisata Puncak, Bogor.

Taman Impian Jaya Ancol adalah taman rekreasi terbesar yang berada di Kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

Anda bisa mengunjungi berbagai tempat rekreasi, mulai dari  wahana air, taman hiburan, tempat konservasi berbagai spesies burung di Indonesia, hingga wisata ekosistem dan biota air tawar serta air laut.

Beberapa obyek wisata yang ada di kawasan Ancol yakni Jakarta Bird Land, Pantai Ancol, Dufan, Atlantis, Samudra Ancol, Ecopark Ancol, Pasar Seni, Faualand, Gondola, hingga Putri Duyung Ancol.

  1. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari juga bisa menjadi wisata alternatif di Ibu Kota. Lokasinya berasa di Kecamatan Grogol, Petamburan, Jakarta Barat.

Tempat wisata ini menawarkan akuarium indoor terbesar di Indonesia. Pengunjung bisa melihat lebih dari 3.500 spesies hewan akuaatik dan non akuatik.

Tak cukup sampai disitu, tempat wisata ini juga memberikan fasilitas bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan beberapa spesies laut di bawah pengawasan ahli.

Tiket masuk Jakarta Aquarium & Safari dibanderol mulai Rp147 ribu dan dapat diakses secara online.

  1. Kidzania

Bagi warga Ibu Kota yang ingin menghindari kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Anda juga bisa menjadikan Kidzania sebagai tempat liburan alternatif saat akhir pekan atau long weekend. Tempat wisata ini terletak di dalam gedung pusat perbelanjaan ternama Jakarta Selatan.

Kidzania merupakan taman hiburan edukatif Indoor yang bisa dijelajahi oleh anak-anak usia 4-16 tahun, hingga dewasa berusia 16 tahun ke atas.

Di tempat ini, pengunjung bisa bermain peran yang terinspirasi dari pekerjaan-pekerjaan di industri-industri dunia sesungguhnya, seperti chef, pilot, TV crew, dokter, dan banyak lagi.

Demikian informasi tentang wisata alternatif di Jakarta. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.