Libur Panjang, Jalur Puncak-Cianjur Macet Lagi dan Kini Diberlakukan Satu Arah
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polres Cianjur menerapkan sistem satu arah menuju Bogor Sabtu petang. Ini untuk memecah kepadatan seiring tingginya volume kendaraan dari kedua arah dengan tujuan daerah wisata pada libur panjang akhir pekan.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudistira di Cianjur, mengatakan volume kendaraan dengan tujuan daerah wisata sudah meningkat sejak pagi. Ada antrean kendaraan di sejumlah titik terutama di jalur menuju obyek wisata di kawasan Puncak-Cipanas.

"Libur panjang akhir pekan kali ini, antrean kendaraan sudah terlihat sejak pagi, sehingga rekayasa arus sempat dilakukan agar tidak terjadi macet total. Namun, menjelang petang antrean dengan laju tersendat terus memanjang, sehingga diberlakukan sistem satu arah," ucap Iptu Yudistira Sabtu 14 Mei dinukil dari Antara.

Penerapan sistem satu arah menuju Bogor dilakukan setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor, sifatnya situasional setelah antrean mencair di jalur Puncak, sistem akan kembali normal dari kedua arah.

Ia menjelaskan untuk penerapan sistem ganjil genap pasca libur lebaran di jalur Puncak kembali diberlakukan untuk menekan volume kendaraan dari luar kota, serta sebagai upaya mengantisipasi terjadinya macet total pekan pertama setelah libur panjang hari raya.

"Masih berlaku sistem ganjil genap, sehingga ini harus menjadi perhatian pengemudi dengan tujuan Puncak-Cianjur. Kita juga masih menyiagakan tim pengurai macet sebagai upaya antisipasi dan sosialisasi terkait hal tersebut kita sebar di media sosial," katanya.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan atau pendatang dengan tujuan tempat wisata di Puncak-Cianjur, harus memperhatikan nopol kendaraan sebelum melakukan perjalanan harus sesuai dengan tanggal pada hari tersebut.*