Bagikan:

CIANJUR - Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan rekayasa arus di titik rawan macet sepanjang jalur utama Cianjur seperti Jalan Raya Cipanas, Ciranjang dan Gekbrong, sebagai upaya antisipasi macet total saat arus mudik dan balik. 

KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Muctaromi mengatakan, untuk pengamanan jalur selama libur panjang Hari Raya Iduladha, pihaknya menurunkan tiga perempat kekuatan yang disiagakan di sejumlah titik rawan termasuk di jalur wisata.

"Kami menyiapkan rekayasa arus mulai dari jalur Puncak-Cipanas, Cianjur-Bandung dan Cianjur-Sukabumi, bahkan penutupan arus akan dilakukan ketika terjadi macet total di jalur utama Puncak-Cipanas, seiring tingginya volume kendaraan," katanya di Cianjur, Antara, Senin, 17 Juni.

Pihaknya mencatat hari H lebaran kurban, volume kendaraan yang melintas di sepanjang jalur utama Cianjur terlihat meningkat, namun tidak menyebabkan antrean hanya di titik rawan seperti pertigaan Hanjawar, Cibodas dan Pasar Cipanas laju kendaraan tersendat.

Sehingga puluhan petugas langsung melakukan pagar betis guna mengantisipasi antrean terus memanjang terutama menjelang petang, termasuk melakukan rekayasa arus di sepanjang jalur Ciranjang menuju Bandung dengan mengarahkan kendaraan tidak langsung berbelok.

"Petugas disebar ke sejumlah titik guna mengatur arus lalulintas tetap lancar meski terjadi kepadatan seperti di Jalur Puncak-Cipanas dan Jalur Pasar Ciranjang menuju arah Bandung," katanya.

Sedangkan penerapan sistem satu arah akan diberlakukan pada puncak arus balik lebaran kurban Selasa (18/6) tepatnya mulai dari Pasar Cipanas hingga pintu Tol Ciawi, guna menghindari macet total saat kendaraan pemudik dan wisatawan mulai berbaur.

"Untuk sistem satu diberlakukan situasional berkoordinasi dengan Polres Bogor, ketika antrean memanjang hingga 4 kilometer. Berbagai upaya dilakukan agar tidak terjadi macet total saat puncak arus balik lebaran kurban," katanya.

Pantauan Antara, arus kendaraan yang melintas di sepanjang jalur utama Cianjur, ramai lancar, laju kendaraan tersendat terlihat di jalur Cipanas menuju Puncak dan pertigaan menuju tempat wisata seperti Cibodas dan Hanjawar.

Puluhan petugas disiagakan di titik rawan macet termasuk di jalur utama penghubung Cianjur dengan Bandung tepatnya di sepanjang Pasar Ciranjang, dimana kendaraan penyebab tersendat-nya laju lalu lintas akibat mobil dan motor yang keluar masuk, sehingga diarahkan petugas ke jalur lain.