Bagikan:

 

 JAKARTA – Wacana duet Ridwan Kamil (RK) dan Kaesang Pangarep disebut bisa menjadi rival terberat termasuk mengalahkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Dalam penilaian pengamat politik Archy Strategy, Radis Hadi, RK dan Kaesang sama-sama punya modal popularitas. Meski belum semoncer Anies saat ini, keduanya terutama RK, tidak terlalu terpaut jauh dalam beberapa hasil survei.

“Beberapa partai politik pun tidak menampik jika ingin mengusung Ridwan Kamil masuk Pilkada Jakarta,” ujarnya, Minggu 16 Juni 2024.

Selain itu, pilkada kali ini akan menjadi momentum RK untuk tampil di panggung Jakarta. Terlebih, popularitas mantan Gubernur Jawa Barat ini terus merambat naik paska banyaknya pemberitaan dan pujian atas kinerjanya.

Sementara dari sisi Kaesang, putusan Mahkamah Agung membuat ruang gerak untuk maju ke Pilkada Jakarta semakin terbuka. Apalagi sebelumnya, kinerja Kaesang sebagai Ketua Umum PSI banyak disorot setelah mampu menempatkan banyak kadernya di daerah.

RK dan Kaesang pun menjadi salah satu penantang Anies yang patut diperhitungkan. Popularitas keduanya yang naik akan memudahkan mereka masuk ke semua lini di publik. “Tinggal bagaimana di sisa waktu yang ada ini bisa dimanfaatkan agar mampu membangun frame pemenangan terutama isu strategis yang akan dijual,” tambah Radis.

Dia menegaskan, selain bisa mengimbangi Anies, duet RK dan Kaesang juga akan menjadi kompetitor tangguh bagi calon pemimpin Jakarta yang lain. Meskipun, dengan Jakarta sebagai pusat sorotan, perubahan opini juga akan bergerak dengan cepat.