Jalur Puncak-Cianjur Ramai Lancar Meski Volume Kendaraan Meningkat
Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat (Jabar) ramai lancar meski volume kendaraan meningkat, sistem satu arah sempat dilakukan menuju Bogor, sebagai antisipasi macet total, Minggu (27/3/2022). ANTARA/Ahmad Fikri

Bagikan:

BOGOR - Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat (Jabar) ramai lancar meski volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan dengan tujuan tempat wisata alam yang banyak terdapat di wilayah Puncak hingga Cipanas.

Pantauan Minggu petang, petugas sempat memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor karena ekor antrean mencapai Puncak Pass, selang satu jam antrean mulai mencair dan arus lalul intas berjalan normal dari kedua arah. Sejumlah rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya macet total.

Volume kendaraan yang melintas dari arah Bogor menuju Cipanas, didominasi kendaraan bernomor polisi Jabodetabek tujuan tempat wisata alam di kawasan Kebun Raya Cibodas, Sevillage, dan tempat perkemahan di kawasan Pacet. Antrean kendaraan dengan laju tersendat sempat terlihat menjelang sore, namun tidak menyebabkan macet.

KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan sejak pagi hingga Minggu petang, volume kendaraan mulai meningkat, namun tidak menyebabkan antrean yang cukup panjang hanya laju kendaraan tersendat di sejumlah titik seperti Jalan Raya Pacet, Cipanas dan Hanjawar.

"Arus kendaraan sejak pagi hingga siang terlihat ramai lancar, namun menjelang petang sempat diberlakukan sistem satu arah, karena ekor antrean menuju Bogor sudah sampai Puncak Pass," katanya dilansir Antara, Minggu, 27 Maret.


Namun selang satu jam antrean mulai mencair dan kendaraan yang melintas dari kedua arah Bogor menuju Cianjur atau sebaliknya berjalan normal. Hingga Minggu petang, arus kendaraan masih normal lancar dan tidak terlihat antrean meski laju kendaraan tersendat di titik rawan seperti Pertigaan Hanjawar dan Pertigaan Cibodas.

"Hingga petang arus lalu lintas masih normal, namun sistem satu arah akan diterapkan melihat situasi, kalau terjadi antrean dengan laju kendaraan terhenti, kami akan berkoordinasi dengan Polres Bogor, agar tidak terjadi macet total," katanya pula.