Bagikan:

JAKARTA - Jenderal (Purn) TNI Andika Perkasa meyakini Jenderal Agus Subiyanto tetap netral sebagai Panglima TNI.  Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD itu mengaku kenal sejak lama dengan sosok yang baru menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada hari ini, Senin, 13 November.

"Saya kenal baik dengan Pak Agus ini, jadi saya yakin Pak Agus akan mengemban tugas-tugas yang memang dibebankan di pundaknya sebagai Panglima TNI dengan sebaik mungkin," kata Andika kepada wartawan di Media Center TPN Ganjar-Mahfud MD, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 13 November.

Andika meyakini TNI bakal melaksanakan tugasnya sesuai aturan ketika dipimpin Agus. Ia juga tak mau banyak bicara soal terpilihnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu sebagai Panglima TNI.

Meski begitu, dia tetap mengingatkan Agus harus menjaga netralitas TNI saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 secara tegas.

Apalagi, UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI sudah melarang prajurit untuk mendukung sosok atau kelompok tertentu.

"Kita sekarang melakukan tugasnya masing-masing dan saya yakin TNI akan tetap pada relnya di bawah pimpinan Jenderal Agus," tegas Andika.

Diberitakan sebelumnya, Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Persetujuannya bakal disahkan dalam rapat Paripurna DPR pada 21 November mendatang.

Agus merupakan calon tunggal Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun. Saat ditunjuk, ia baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 25 Oktober 2023.