Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Jamin TNI Netral di Pemilu 2024
Fit and proper test calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjamin TNI akan bersikap netral di Pemilu 2024 mendatang. 

Hal itu dinyatakan Jenderal Agus saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR, Senin, 13 November. 

"(Berkaitan pesta demokrasi Pemilu 2024) Saya berkomitmen untuk memberikan jaminan netralitas TNI pada setiap tahapan pemilu," ujar Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga menjamin TNI-Polri solid untuk mengamankan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 

"Sekaligus akan memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam mengamankan jalannya proses demokrasi melalui latihan dan posko bersama," tegas Jenderal Agus. 

"Sehingga keberlangsungan roda pemerintahan dan stabilitas politik tetap terjaga," tambahnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah memerintahkan jajarannya untuk bersikap netral di Pemilu 2024. 

"Sudah kita tekankan, untuk memastikan bahwa TNI harus netral, ini sudah saya sampaikan kepada seluruh jajaran," tegas Yudo Margono, Selasa, 7 November. 

Menurutnya, netralitas TNI merupakan kunci Pemilu 2024 berlangsung aman dan damai.

"Kalau mau Pemilu aman, damai, sejuk ya dimulai dulu dari TNI Polri harus netral dulu. Kalau TNI netral, ya saya yakin dia akan fokus menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI melindungi segenap bangsa dan negara mereka akan mudah melaksanakan tugas," kata Panglima TNI Yudo Margono.