Survei Populi Center: Elektabilitas Prabowo-Gibran Jauh Ungguli 2 Paslon Lain
Pemaparan survei di Populi Center. Foto: Nailin/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. 

Hasilnya, pasangan capres dan cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jauh unggul dibanding dua pasangan lainnya. 

Elektabilitas Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan angka 43,1 persen.

Sementara pasangan yang diusung PDIP Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan kedua dengan 23 persen dan ketiga pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 22,3 persen.

"Sebesar 43,1 persen publik memilih Prabowo-Gibran, di urutan kedua Ganjar-Mahfud, di urutan ketiga Anies-Muhaimin 22,3 persen," ujar peneliti Populi Center Hartanto Rosojati dalam pemaparannya di Populi Center, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November. 

"Ini kita melihat angka yang setidaknya cukup jauh antara ranking 1 dan ranking 2. Ini merupakan pekerjaan rumah masing-masing kandidat bagaimana menjaga elektabilitas suara," lanjutnya. 

Sebagai informasi, Survei Populi Center dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan margin of error ±2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkait