Bagikan:

JAKARTA - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan persiapan menjelang debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah mulai dilakukan. Sebab, formatnya tentu akan berbeda dengan Pilpres 2019 yang hanya diikuti dua pasang calon.

“Kami harus mempersiapkan debat secara khusus karena berbeda dengan 2014-2019, ini debat tentang tiga calon,” kata Andi kepada wartawan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis, 2 November.

Dalam persiapan ini, Andi mengatakan segala isu strategis sudah dibahas bersama capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Keduanya disebut memberi masukan.

Adapun debat Pilpres 2023 akan dilaksanakan mulai 20 November hingga 10 Februari. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan lima kali dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres.

“Kami selalu akan mendapatkan gambaran yang lengkap dari capres-cawapres bagaimana beliau berdua bisa memandu kami di TPN untuk bergerak sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan dan kebutuhan-kebutuhan strategis yang Mas Ganjar dan Prof Mahfud rasakan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres dan cawapres. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara pada Pilpres 2019 hanya ada dua paslon yang maju. Mereka adalah Joko Widodo yang merupakan calon incumbent berpasangan dengan Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.