Mantap, Harga Ayam dan Ikan di Pontianak Turun Jelang Imlek
Penjual ayam di Flamboyan Pontianak. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Harga sejumlah komoditas seperti ayam dan ikan menjelang perayaan Imlek 2021 di Pasar Flamboyan Kota Pontianak mengalami penurunan dibandingkan beberapa pekan sebelumnya.

"Harga ayam ras saat ini hanya Rp25 ribu per kilogram. Sebelumnya mencapai Rp28 ribu. Tahun baru Imlek ini beda sama lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, kalau lebaran biasanya semuanya barang naik, " ujar Yosi, satu di antara pedagang ayam, di Kota Pontianak, dikutip dari Antara, Kamis 11 Februari.

Ia menyebutkan harga ayam stabil di kisaran Rp20.000-Rp25.000 per kilogram. Momen hari besar keagamaan sebagaimana polanya, harganya ikut naik seiiring permintaan.

"Biasanya saat hari besar dan tahun baru harga ayam ikut naik, karena tingginya permintaan. Saat pasokan rendah ke pasar juga bisa memengaruhi kenaikan harga ayam. Suplai terganggu meskipun permintaan tetap, maka harga bisa naik. Apalagi permintaan tinggi namun suplai rendah maka dipastikan harga melonjak," katanya.

Penurunan harga juga dialami beberapa jenis satu di antaranya ikan kembung. Biasanya ikan kembung Rp55 ribu per kilogram dan kini turun menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Untuk harga yang stabil sendiri berdasarkan pantauan yang ada yakni daging sapi. Harga daging sapi tidak ada gejolak baik naik atau turun, harga masih di Rp125.000 per kilogram. Kemudian untuk komoditas yang rentan bergejolak seperti bawang putih dan bawang merah saat ini juga stabil yakni keduanya Rp24.000 per kilogram.

Berbeda dengan ayam, ikan dan daging sapi, untuk jenis aneka sayur-mayur saat ini di Kota Pontianak mengalami kenaikan yang signifikan. Sayur sawi dan kangkung contohnya mengalami kenaikan harga sekitar 30 persen dari hari biasa. Kenaikan juga terjadi pada cabai rawit dari yang biasanya Rp35.000 per kilogram dan sekarang naik menjadi Rp85.000 per kilogram.

"Harga cabai naik sekarang, sebelumnya Rp35 ribu per kilogram menjadi jadi Rp85.000 per kilogram, " kata salah seorang pedagang sayur di Pasar Flamboyan Pontianak, Aseng.