Mengapa Israel Kaya Raya Padahal Hanya Negara Kecil?
Ilustrasi Israel (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda bertanya mengapa Israel kaya raya hingga memiliki berbagai senjata militer canggih dengan perekonomian maju? Padahal negara tersebut tak memiliki pemasukan dari tambang minyak.

Perlu diketahui bahwa Israel adalah negara Yahudi dengan ukuran relatif kecil yang terletak di pantai timur Laut Mediterania. Meski kecil, Israel punya andil cukup besar dalam beberapa urusan bersifat global.

Israel juga memiliki produk domestik bruto (PDB) yang tinggi. Mengutip data Bank Dunia, total PDB Israel di tahun 2019 mencapai 394,65 miliar dollar Amerika Serikat. Sedangkan Indonesia di tahun yang sama mencatatkan PDB sebesar 1,12 triliun dollar AS.

Jika dilihat dari jumlah penduduk, pendapatan per kapita masyarakat Israel tahun 2019 sebesar 43.588 dollar Amerika Serikat. Sedangkan di tahun yang sama, Indonesia hanya mencatatkan 4.135 dollar Amerika Serikat.

Mengapa Israel Kaya Raya?

Ada banyak pendapat yang menyatakan alasan mengapa Israel memiliki pemasukan negara yang cukup besar hingga memiliki perekonomian yang maju.

1. Industri Manufaktur

Perlu diketahui, meski kecil Israel menjadi landmark bagi beberapa agama. Selain itu Israel juga dikenal memiliki industri manufaktur yang sangat maju bahkan sejak 1970-an. Di tahun tersebut industri yang cukup maju bergerak di berbagai bidang seperti pupuk, pestisida, kimia, logam berat, farmasi, plastik, dan sebagainya.

Di berbagai sumber dikatakan bahwa majunya manufaktur Israel disebabkan karena tenaga ahli yang banyak melakukan eksodus dari negara Eropa selama PD II demi menghindari persekusi. Lalu di tahun 1980-an Israel jadi negara tujuan bagi orang-orang yang sebelumnya bekerja di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS). Mereka kemudian membangun pusat penelitian dan pengembangan khusus perusahaan teknologi dari Amerika, mulai dari Microsoft, IBM, dan Intel.

3. Negara Tujuan Para Insinyur

Israel juga dikenal sebagai negara tujuan orang-orang berkualitas. Di tahun 1990-an, banyak insinyur yang berasal dari negara bekas Uni Soviet pindah ke Israel. Negara tersebut langsung dibanjiri oleh orang-orang dengan SDM sangat hebat.

Mereka mulai mendirikan berbagai perusahaan khususnya di bidang teknologi. Jumlah perusahaan di Israel langsung melonjak. Bahkan perusahaan tersebut menyumbang pemasukan besar bagi negara tersebut.

3. Perusahaan Teknologi

Majunya perusahaan teknologi di Israel menyumbang pendapatan besar bagi negara. Israel kemudian mengekspor teknologi ke berbagai negara. Bahkan angka ekspor teknologi terus meningkat. Di tahun 1991 jumlahnya naik, dari 3 miliar dollar AS menjadi 12,3 miliar AS di tahun 2000. Sedangkan di tahun 2006 angkanya menjadi 29 miliar dollar AS,

Israel juga menerima pendanaan riset dan teknologi dari beberapa negara mulai dari AS, Perancis, Kanada, Italia, Spanyol, China, Turki, India, dan Jerman.  Kondisi tersebut membuat Israel kian maju karena mendapatkan pemasukan dari pajak dan devisa dengan jumlah serapan tenaga kerja yang cukup besar. Bahkan banyak startup Israel yang populer. 

Perusahaan di Israel juga memegang berbagai paten dengan angka royalti yang fantastis. Tentu kondisi ini membuat negara terus kian maju dan semakin kaya.

Itulah informasi terkait mengapa Israel kaya raya. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.