Bagikan:

MAKASSAR - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan kristal bening diduga sabu ke dalam sel tahanan warga binaan oleh pembesuk.

Kalapas Makassar Teguh Pamuji mengatakan semua petugas lapas yang berjaga sudah banyak memahami modus-modus yang mencoba menyelundupkan barang terlarang ke dalam lapas hingga akhirnya terbongkar petugas.

"Benar bahwa petugas lapas kita menggagalkan penyelundupan yang diduga sabu dan ditempel di kendaraan pengangkut sampah Lapas Makassar," ujarnya dikutip ANTARA, Kamis, 26 Oktober.

Menurut Teguh, percobaan penyeludupan narkoba digagalkan petugas Lapas Makassar yang mendapat laporan dari salah seorang warga binaan berinisial BD.

Atas laporan salah seorang warga binaan itu, kemudian mengecek motor pengangkut sampah Lapas Makassar dan memeriksanya detail hingga akhirnya ditemukan bungkusan ditempel di bagian motor untuk mengelabui petugas.

"Seketika dilakukan pemeriksaan di benda mencurigakan tersebut yang berada di kendaraan pengangkut sampah yang diparkir di luar lapas bersama petugas lainnya," kata Teguh.

Kepala Pengamanan Lapas Makassar Muhammad Ali bersama Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Makassar Hariyanto yang mendapat laporan langsung menggeledah setiap bagian dari motor sampah tersebut.

"Kami cek keseluruhan motornya itu dan kita dapat satu bungkusan kantong plastik hitam kecil yang dilakban. Di dalamnya ditemukan empat unit plastik klip yang berisi serbuk kristal berwarna putih yang diduga narkoba jenis sabu," terangnya.