Bagikan:

TANGERANG - Bandara Soekarno Hatta meningkatan pengetatan dan pengawasan kesehatan penumpang Internasional untuk memastikan tidaknya ada paparan cacar monyet atau Monkey Pox.

“Kami lakukan langkah antisipasi, salah satunya melakukan pengawasan pada penumpang yang masuk dan keluar dari bandara Soetta,” kata Kepala KKP Soetta Naning Nugrahini di Tangerang dalam keterangannya, Kamis, 26 Oktober.

Ia menjelaskan cara yang dilakukan pihaknya untuk pengawasan penumpang yakni dengan mengenali gejalanya seperti bintik merah atau ruam pada kukit, sampai bintik seperti ada cairan di dalamnya, lalu disertai dengan demam.

“Kita akan memberikan peningkatan kapasitas petugas dalam mengenali tanda dan gejala penyakit cacar monyet itu,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Naning memastikan hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya penumpang yang terpapar cacat monyet di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Kendati demikian, kata Naning, pihaknya tetap melakukan langkah pencegahan dengan melakukan komunikasi dan edukasi terhadap seluruh maskapai serta otoritas bandara lainnya sebagai kesiapsiagaan dalam menanganinya.

"Melakukan komunikasi dan edukasi tentang Mpox di lingkungan bandara, dan kita meningkatkan kewaspadaan dengan menyurati maskapai, agar waspada THD penumpang tanda dan gejala,” tutupnya.