Bagikan:

YOGYAKARTA - Semakin banyak masyarakat yang pilih tinggal di apartemen dan kondominium dibandingkan rumah tapak. Kedua jenis hunian vertikal ini digemari sebagai tempat tinggal karena menawarkan sejumlah kelebihan. Meski tampak sama dari bangunan dan desainnya, namun terdapat perbedaan kondominium dan apartemen. 

Apartemen maupun kondominium sudah banyak dibangun di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan tren tinggal di hunian vertikal kian meningkat di kalangan anak-anak muda atau pasangan baru. Tapi masih banyak masyarakat yang belum tahu perbedaan apartemen dan kondominium. 

Perbedaan Kondominium dan Apartemen

Apartemen dan kondominium menawarkan sejumlah kelebihan untuk menunjang kenyamanan penghuninya, mulai dari lokasi strategis, keamanan, fasilitas dan layanan, dan sebagainya. Namun meski sama-sama berbentuk hunian vertikal, terdapat sejumlah perbedaan kondominium dan apartemen yang harus Anda tahu. 

Status Kepemilikan

Perbedaan paling mencolok antara kondominium dan apartemen adalah dari segi status kepemilikan. Kepemilikan kondominium umumnya bersifat penuh atau utuh, memberikan pemiliknya hak penuh atas unit tersebut. Penghuni kondominium memiliki hak penuh atas unitnya dan bebas untuk menyewakan atau menjualnya. 

Sementara apartemen biasanya disewa atau dibeli dari pemilik aslinya, sehingga penghuni tidak memiliki kepemilikan atas tanah, atap, atau fasilitas umum. Apartemen dan kondominium juga memiliki perbedaan dalam pangsa pasar. Kondominium sering menjadi investasi yang dapat disewakan atau dijual, sementara apartemen saat ini juga dapat memiliki status kepemilikan.

Fungsi

Perbedaan lain dari apartemen dan kondominium adalah pada fungsinya atau tujuan pemakaiannya. Apartemen adalah tempat tinggal yang umumnya disediakan bagi mereka yang tidak ingin atau tidak mampu memiliki rumah pribadi. Apartemen menawarkan beragam fasilitas yang meningkatkan kenyamanan penghuninya. 

Apartemen dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi mereka yang bekerja atau belajar di lokasi tertentu, yang mungkin tidak mampu membeli properti di daerah yang mahal. Sebaliknya, kondominium adalah tempat tinggal pribadi dengan hak kepemilikan penuh atas unitnya. Meskipun fasilitas yang disediakan adalah milik bersama, kondominium juga dapat digunakan sebagai investasi properti untuk jual beli atau penyewaan.

Karakteristik

Kondominium dan apartemen juga memiliki perbedaan dalam hal karakteristik. Kondominium biasanya memiliki biaya perawatan lebih rendah karena pembayaran dilakukan melalui asosiasi yang mengelola fasilitas dan perawatan. Kondominium juga umumnya menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan kenyamanan dalam berinteraksi lebih dekat dengan tetangga.

Semetara itu apartemen biasanya memiliki banyak unit di lebih dari dua lantai dengan berbagai tipe dan ukuran. Properti ini umumnya dianggap sebagai pilihan hunian yang lebih terjangkau di kota. Jika ada masalah di apartemen, penghuni dapat melaporkannya kepada manajemen developer dan tidak perlu menangani sendiri.

Manajemen dan Pengelolaan

Dari segi manajemen dan pengelolaan antara kondominium dan apartemen juga berbeda. Apartemen biasanya dikelola oleh manajemen developer bangunan, sehingga masalah yang muncul harus dilaporkan kepada manajemen. Sementara pengelolaan kondominium dapat dilakukan oleh penghuni sendiri atau manajemen kondominium. 

Renovasi atau beberapa perubahan pada bagian eksterior kondominium mungkin tidak diizinkan. Selain itu, pemilik kondominium akan dikenai biaya tambahan untuk parkir dan kebersihan. Kondominium biasanya sudah dilengkapi dengan perabotan, sementara fasilitas dalam apartemen tergantung pada pemiliknya. Sistem perhitungan biaya listrik dan air juga dapat berbeda. 

Demikianlah beberapa perbedaan kondominium dan apartemen yang perlu diketahui sebelum memutuskan tinggal di hunian vertikal. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan dasar antara apartemen dan kondominium adalah dari segi status kepemilikannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, baik nasional maupun internasional.