Apa Itu Kondominium? Hunian Kekinian dengan Banyak Kelebihan Dibanding Apartemen
Ilustrasi apa itu kondominium (Unsplash/Paul Szewczyk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hunian vertikal mulai banyak dibangun serta digemari oleh masyarakat Indonesia. Apartemen dan kondominium adalah dua istilah yang populer dalam jenis properti hunian vertikal. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu kondominium dan perbendaannya dengan properti. 

Kondominium memang sekilah memiliki desain atau bentuk yang mirip dengan apartemen. Kondominium menjadi hunian yang populer di Amerik Serikat, Inggris, Kanada, dan India. Di Indonesia sendiri, hunian kondominium masih kalah populer dari apartemen. Wajar jika banyak yang masih kebingungan ketika mendengar istilah kondominium.  

Kondominium menjadi alternatif bagi orang yang ingin mempunyai hunian dengan harga yang lebih terjangkau. Selain memiliki keunggulan dari segi harga, kondominium juga berada di tempat yang strategis dengan kawasan perkotaan. Supaya bisa memahami lebih jauh mengenai kondominium, mari kita simak pengertian kondominium dan perbedaannya dengan apartemen. 

Apa Itu Kondominium?

Kondominium adalah jenis hunian vertikal atau hunian yang bentuknya memanjang ke atas. Kata kondominium merupakan istilah kata dalam bahasa Inggris  ‘condominium’, yang berasal dari bahasa latin ‘con’ yang artinya bersama dan ‘dominium’ yang artinya kepemilikan. 

Kondominium adalah kompleks properti besar yang terdiri dari hunian unit individu yang dimiliki secara terpisah dari individu lain. Namun unit-unit saling berbagi area komunal, tempat parkir, gym, kolam renang, dan sebagainya. 

Kepimilikan kondominium bersifat non esklusif karena ada pihak manajemen yang mengelola kondominium.  Manajemen kondominium biasanya terdiri dari dewan pemilik unit yang mengawasi operasi harian kompleks tersebut, seperti pemeliharaan dan pembersihan tempat.

Perbedaan Kondominium dengan Apartemen

Perbedaan mendasar dari kondominium dan apartemen adalah dari segi status kepemilikan. Hunian kondominium disediakan oleh manajemen kondominium untuk dimiliki penghuninya. Jadi orang yang kondominium dijual untuk kepemilikan orang yang membelinya. Namun kondominium masih dikelola di bawah manajemennya. 

Sementara hunian apartemen dimiliki oleh suatu perusahaan pengelola properti. Apartemen disediakan untuk tujuan disewakan kepada calon penghuni. Jadi penghuni apartemen tidak memiliki status kepemilikan terhadap apatemen yang ditempati. 

Persyaratan Kepemilikan Kondominium

Pembeli kondominium akan mendapat dokumen perjanjian dan persyaratan dari manajemen kondominium. Dokumen tersebut berisi aturan-aturan yang arus ditaati oleh pemilik kondominium, seperti penggunaan area yang bersifat terbatas dan area yang bersifat umum. Termuat juga aturan mengenai pemilihan manajamen untuk mengelola kompleks kondominium tersebut. 

Pemilik kondominium membayar biaya tempat tinggal kepada asosiasi rumah susun. Biaya ini umumnya mencakup biaya asuransi gedung, utilitas bersama, dan cadangan dana untuk pemeliharaan gedung di masa mendatang. 

Biaya yang dibayarkan juga dapat mencakup dana untuk perusahaan manajemen yang mengelola kondominium. Biaya kondominium dapat meningkat, terlebih jika bangunan membutuhkan perawatan besar.

Kelebihan Tinggal di Kondominium

Memilih rumah memerlukan pertimbangan yang serius karena menyangkut kenyamanan tinggal dan aktivitas sehari-hari. Rumah atau hunian bisa disebut sebagai investasi terbesar dalam hidup, karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga masa depan anak-anak. 

Ada beberapa kelebihan dari hunian kondominium. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat oleh pemilik kondominium.

Letaknya Strategis dan Aksesnya Mudah

Salah satu keunggulan kondominium adalah lokasi tempatnya strategis. Kondominium berada dekat dengan pusat bisnis, hiburan, dan pemerintahan dari suatu wilayah. Dengan demikian, pemilik melakukan kegiatan atau pekerjaan secara mudah dan mudahnyai akses ke berbagai tempat hiburan.

Lebih hemat biaya

Kondominium juga cukup menguntungkan bagi individu yang ingin menekan pengeluaran biaya memiliki rumah. Biaya hunian kondominium lebih murah daripada membeli atau membangun rumah mandiri. 

Dapat Menggunakan Berbagai Macam Fasilitas

Manfaat lain yang cukup menyenangkan dari kondominium adalah adanya berbagai fasilitas yang bisa digunakan. Berbagai fasilitas tersebut seperti kolam renang, gym, working space, taman, dan sebagainya. Jadi penghuni tidak perlu repot-repot keluar dari kompleks untuk mencari fasilitas tersebut.

Keamanan Terjamin

Kondominium memiliki keamanan yang tinggi dan mencegah kemungkinan pencurian atau penyusup menerobos masuk ke dalam kompleks rumah. Umumnya kondominium menerapkan teknologi keamanan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penghuninya..

Gaya Hidup Feksibel

Kondominium sangat cocok untuk bagi anda yang lebih memilih hidup fleksibel atau tanpa batasan. Status kondominium adalah kepemilikan rumah, sehingga tidak ada batasan gaya hidup pribadi di kondominium.

Itulah pengertian apa itu kondominium dan perbedaannya dengan apartement. Ada berbagai keunggulan atau manfaat yang bisa anda dapatkan dari tinggal di kondominium.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.