Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini semakin banyak orang yang memilih membeli apartemen dibanding rumah. Tingginya harga tanah dan rumah membuat banyak orang lebih tertarik membeli apartemen karena harganya cenderung lebih murah. Namun tinggal di apartemen, Anda perlu tahu untung rugi membeli apartemen. 

Tren tinggal di apartemen semakin meningkat dari tahun ke tahun di kalangan masyarakat kota besar seperti DKI Jakarta . Selain harganya yang relatif murah dibandingkan rumah dan tanah, banyaknya keuntungan memiliki hunian apartemen. Kelebihan yang bisa didapat dari tinggal di apartemen, yakni aksesnya dekat dengan tempat kerja dan pusat perbelanjaan serta hiburan. 

Pembangunan sektor properti apartemen baru pun semakin meningkat di wilayah perkotaan hingga perkotaan besar. Jika Anda ingin membeli apartemen, sebaiknya ketahui dulu apa saja keuntungan dan kerugian membeli apartemen. 

Untung Rugi Membeli Apartemen

Apartemen Hunian menjadi solusi bagi orang-orang yang kesulitan membeli atau membangun rumah karena biayanya yang mahal. Selain itu alasan lain seseorang memilih tinggal di apartemen karena banyaknya kelebihan yang didapat. Namun di balik itu juga ada sejumlah kekurangan atau kerugian membeli apartemen. 

Keuntungan Membeli Apartemen

Harganya Relatif Lebih Murah

Harga apartemen jauh lebih murah dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli atau membangun rumah. Apalagi di kota besar harga rumah meningkat drastis dari tahun ke tahun karena lahan yang semakin terbatas. Hadirnya apartemen dapat menjawab kebutuhan Anda yang ingin memiliki hunian dengan budget lebih ramah kantong. 

Selain itu, lokasi apartemen yang biasanya berada di pusat kota atau keramaian juga bisa menguras pengeluaran lainnya seperti transportasi. Mungkin Anda menemukan rumah yang cocok dengan kantong, namun jika lokasinya jauh dari tempat kerja maka biaya transportasi pun jadi lebih boros.

Biaya Perawatan Murah

Keuntungan lain saat Anda membeli apartemen adalah biaya perawatannya yang lebih murah dibanding rumah. Berbeda saat Anda membeli atau khususnya membangun rumah, maka Anda perlu memikirkan beberapa hal seperti desain bangunan, listrik, saluran air dan sebagainya. Sedangkan di hunian apartemen, kebutuhan itu semua sudah menjadi tanggung jawab dari pengembang. 

Jadi Anda tidak perlu repot memikirkan biaya perawatan untuk berbagai kebutuhan rumah. Saat membeli apartemen, Anda tinggal menempati apartemen yang sudah disediakan. Soal kebersihan gedung pun Anda tidak perlu ambil pusing. Sudah ada cleaning service yang dipekerjakan untuk membersihkannya. 

Fasilitas Lengkap

Meskipun ukuran hunian apartemen lebih kecil dibanding rumah, namun soal fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Di apartemen, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang mungkin tidak tersedia di hunian rumah, seperti kolam renang, gym, hingga supermarket. Berbagai fasilitas tersebut disediakan secara publik untuk penghuni apartemen. Namun perlu diingat bahwa fasilitas tiap bangunan apartemen bisa berbeda-beda tergantung kualifikasi apartemennya. 

Tagihan Bulanan Lebih Murah

Selain biaya perawatan yang lebih murah, tagihan bulanan tinggal di apartemen pun lebih ringan. Lantaran huniannya yang berukuran kecil, maka tagihan seperti listrik, air, dan keamanan pun akan relatif lebih murah dibanding tagihan rumah. 

Keamanan Terjaga

Kelebihan lain dari tinggal di apartemen adalah jaminan keamanannya terjaga. Beberapa apartemen menerapkan hunian yang ketat, hanya penghuni saja yang diizinkan akses keluar masuk gedung. Selain itu, saat pergi keluar Anda hanya perlu mengunci satu pintu utama saja berbeda dengan rumah yang biasanya terdapat beberapa pintu. 

Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis menjadi alasan banyak orang pilih tinggal di apartemen. Gedung apartemen biasanya berada di tengah kota sehingga akan memudahkan akses ke berbagai tempat, seperti kantor, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, transportasi umum dan sebagainya. 

Kekurangan Membeli Apartemen

Ukuran Lahan Sempit

Luas lahan apartemen jauh lebih kecil atau sempit dibandingkan rumah. Jadi ruang hidup dan beraktivitas pun juga lebih terbatas. Biasanya apartemen hanya menyediakan ruangan untuk tempat tidur, dapur, dan kamar mandi saja. Berbeda dengan ruang yang lahannya lebih luas dan bisa untuk banyak ruangan. 

Kurang Privasi

Salah satu kekurangan tinggal di apartemen adalah soal privasi. Hunian apartemen memang lebih cocok bagi Anda yang ingin tinggal sendirian. Sementara bagi Anda yang tinggal berkeluarga dan sangat mengutamakan privasi, maka sebaiknya tidak tinggal di apartemen. 

Apartemen tersedia dalam satu bangunan gedung yang terdiri dari beberapa room atau penghuni. Selain itu, bangunan di dalam apartemen cenderung sangat rapat. Jadi saat tinggal di apartemen, Anda akan mudah bertemu dengan tetangga sesama gedung bahkan bisa mendengar percakapan di kamar sebelah. 

Tidak Bebas Mendekorasi Rumah

Jika Anda membeli atau menyewa apartemen milik orang lain, maka kebebasan untuk mendekorasi ruangan akan terbatas. Kemungkinan Anda tidak boleh terlalu banyak mengubah dekorasi ruangan apartemen. Berbeda saat Anda tinggal di rumah, di mana Anda bisa bebas merancang atau mengubah dekorasinya. 

Banyak Aturan

Banyaknya aturan yang diterapkan di apartemen seringkali membuat banyak orang kurang nyaman. Lantaran bangunan apartemen bersifat publik atau diisi banyak penghuni, maka pihak apartemen pun akan membuat sejumlah peraturan demi keamanan dan kenyamanan. Setiap penghuni apartemen harus mematuhi peraturan tersebut. 

Demikian ulasan mengenai untung rugi beli apartemen. Harganya yang lebih murah dibanding rumah dan banyaknya kelebihan yang didapatkan, menjadi alasan banyak orang memilih tinggal di apartemen. Apabila Anda tidak terlalu mempermasalahkan dan tidak terganggu dengan berbagai kekurangan yang disebutkan di atas, maka membeli apartemen bisa jadi pilihan yang tepat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.