Diperiksa Kesehatan 9 Jam Bersama Mahfud, Ganjar: Tak Ada Kendala Hanya Sempat Berkeringat
Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta 22 Oktober. (Diah/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selesai menjalani tes kesehatan sebagai syarat pencalonan Pilpres 2024 selama 9 jam di RSPAD Gatot Subroto.

Ganjar menyebut pemeriksaan berjalan dengan lancar. Ia pun mengaku tak ada kendala saat diperiksa kesehatannya. Hanya saja, Ganjar sempat bercucuran keringat saat menjalani salah satu tesnya.

"Saya kira semuanya berjalan dengan sangat lancar, tadi kita sempat berkeringat saja, karena treadmill. Kita dites dari THT semuanya, penyakit dalam semuanya, kejiwaan kita dites, ada fisik treadmil, jantung, darah, semuanya. Komplit, lah," kata Ganjar di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu, 22 Oktober.

Setelah ini, tim dokter akan melakukan sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres-cawapres tersebut. Lalu, tim dokter RSPAD akan menyerahkan hasil tes kesehatan secara kolektif setelah seluruh bakal pasangan calon menjalani pemeriksaan.

Ganjar berharap tes kesehatannya bersama Mahfud seharian ini memiliki hasil yang baik agar bisa memenuhi dokumen persyaratan bakal pasangan capres-cawapres.

"Kita sudah melakukan sebuah proses pemeriksaan secara lengkap, mudah-mudahan hasilnya juga segera dikirim ke KPU untuk melengkapi seluruh persyaratan administrasi," jelasnya.

Ganjar dan Mahfud tiba di RSPAD sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan mobil yang berbeda namun beriringan. Ganjar mengenakan kaos berkerah warna putih, sementara Mahfud mengenakan batik lengan panjang.

Setibanya di RSPAD, bakal pasangan capres-cawapres yang diusung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura tersebut langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

Setelah menjalani tes kesehatan, Ganjar dan Mahfud menerima dokumen bukti pemeriksaan dari Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya.

Tak ada perbedaan mekanisme pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres yang dijalani oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maupun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Anies-Cak Imin melakukan pemeriksaan kesehatan pada Sabtu, 21 Oktober.