Batal Lari Pagi ke RSPAD Jalani Tes Kesehatan, Ganjar: Kata Dokter Tidak Disarankan
Ganjar Pranowo tiba di RSPAD (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo pagi ini menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan mengikuti Pilpres 2024 bersama pasangannya, Mahfud MD.

Ganjar mengaku awalnya ingin lari pagi dari kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan menuju RSPAD Gatot Subroto. Namun, hal itu batal dilakukan karena dilarang oleh tim dokter.

"(Batal lari dari rumah ke RSPAD) kata dokter tidak disarankan olahraga," kata Ganjar di kediamannya, Minggu, 22 Oktober.

Sehingga, Ganjar hanya menjalani puasa sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, Ganjar tak memiliki persiapan khusus lainnya sebelum kesehatannya diperiksa.

Ganjar berangkat menuju RSPAD Gatot Subroto menggunakan mobil didampingi oleh istrinya. Ganjar dan Mahfud tiba sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan mobil yang berbeda namun beriringan. Ganjar mengenakan kaus berkerah warna putih, sementara Mahfud mengenakan batik lengan panjang.

Setibanya di RSPAD, bakal pasangan capres-cawapres ini langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asyari yang mendampingi Ganjar dan Mahfud di RSPAD menyebut, proses pemeriksaan kesehatan hari ini sama dengan yang dijalani bakal pasangan capres-cawapres lain.

Kemarin, pada Sabtu, 21 Oktober, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto selama sekitar sembilan jam.

"Sebagaimana kita ketahui seperti hari kemarin, hari pertama pemeriksaan kesehatan, durasinya kurang lebih sama, substansinya yang akan diperiksa juga sama, metode yang akan digunakan untuk memeriksa juga sama dan tim dokter pemeriksa juga sama," kata Hasyim di RSPAD Gatot Subroto, Minggu, 22 Oktober.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengatakan tak punya persiapan khusus menjelang pemeriksaan kesehatannya. Proses ini merupakan lanjutan dari tahapan pendaftaran peserta Pilpres 2024.

"Enggak ada persiapan yang sifatnya khusus, ya," kata Ganjar di sela-sela menghabiskan waktu di akhir pekan bersama keluarga, di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Oktober.

Bahkan, Ganjar memilih menghabiskan waktu bersama keluarga sehari sebelum pengecekan kesehatan. Bersama istrinya, Siti Atiqoh dan anaknya, Alam, sosok berambut putih ini asyik menyantap bakmi.

Ganjar bahkan makan banyak karena diharuskan berpuasa sejak malam nanti sebagai syarat pemeriksaan kesehatan. "Dari dari RSPAD diminta puasa saja mulai jam 20.00 WIB,” tegasnya.

“Makanya itu sekarang makannya banyak," ungkap eks Gubernur Jawa Tengah itu.