Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan tak ada perbedaan mekanisme pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres yang dijalani oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maupun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Anies-Cak Imin melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu, 21 Oktober. Sementara, Ganjar-Cak Imin menjalani pemeriksaan pada hari ini.

"Seperti hari kemarin, hari pertama pemeriksaan kesehatan, durasinya kurang lebih sama, substasi yang akan diperiksa juga sama, metode yang akan digunakan untuk memeriksa juga sama, dan tim dokter pemeriksa juga sama," kata Hasyim di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu, 22 Oktober.

Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya menjelaskan, pemeriksaan kesehatan Ganjar dan Mahfud hari ini melibatkan 50 dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya, serta dua psikolog.

"Jadi ada dari tim dokternya RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing polidium dan BNN, serta himpunan psikologi Indonesia," ungkap Budi.

Adapun waktu pemeriksaan berjalam selama sekitar 8 hingga 10 jam. Setelah itu, tim dokter akan melakukan sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres-cawapres tersebut.

Ganjar dan Mahfud tiba di RSPAD sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan mobil yang berbeda namun beriringan. Ganjar mengenakan kaus berkerah warna putih, sementara Mahfud mengenakan batik lengan panjang.

Setibanya di RSPAD, bakal pasangan capres-cawapres ini langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

Ganjar mengaku awalnya ingin lari pagi dari kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan menuju RSPAD Gatot Subroto. Namun, hal itu batal dilakukan karena dilarang oleh tim dokter.

"(Batal lari dari rumah ke RSPAD) kata dokter tidak disarankan olahraga," kata Ganjar di kediamannya sebelum berangkat menuju RSPAD Gatot Subroto.

Sementara, Mahfud MD mengaku dirinya tengah batuk saat hendak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada hari ini. Meski begitu, Mahfud merasa kondisinya tetap sehat.

Hal ini disampaikan Mahfud sebelum berangkat ke RSPAD Gatot Subroto dari kediamannya di Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan. "Saya agak batuk karena sering pidato tiga hari terakhir ini. Saya sehat-sehat saja," ucap Mahfud.