Tepis Isu Prabowo Pernah Stroke, Kepala RSPAD: Saya Lebih Percaya Tim Pemeriksa
Konfrensi Pers usai penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Oktober (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Semua bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 dinyatakan lulus tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, termasuk Prabowo Subianto yang sempat diisukan pernah terkena serangan stroke.

Saat dikonfirmasi mengenai kebenaran mengenai Prabowo, Kepala RSPAD Gatot Subroto Albertus Budi Sulistya membantah bahwa hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo menunjukkan riwayat penyakit stroke.

"Saya lebih percaya kepada tim pemeriksa dari pada informasi yang tidak berdasar," kata Budi usai menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Oktober.

Hanya saja, Budi mengaku tak berwenang menyampaikan secara rinci hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo sebagai salah satu persyaratan pencalonan tersebut.

"Saya tidak bisa menyampaikannya di sini. Tapi, yang jelas tim pemeriksa melakukan pemeriksaan dengan sangat baik dan ya itu tadi, lebih percaya fakta dari pada hoax," ungkap Budi.

Hari ini, tim dokter RSPAD Gatot Subroto telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan ketiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 kepada KPU RI. Hasil tes kesehatan ini diserahkan secara kolektif setelah seluruh bakal pasangan calon menjalani pemeriksaannya.

Dokumen hasil tes kesehatan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diserahkan oleh Kepala RSPAD Albertus Budi Sulistya kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Hasilnya, seluruh bakal pasangan capres-cawapres tersebut lulus tes kesehatan dan dinyatakan mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih. Kemudian, hasil tes Anies-Cak Imin, Ganjar-Mahfud, maupun Prabowo-Subianto juga dinyatakan tidak positif narkoba.

Adapun pemeriksaan kesehatan ketiga bakal pasangan capres-cawapres dilakukan dengan melibatkan 50 dokter yang terdiri dari tim dokter RSPAD, dokter kolegium, BNN, dan psikolog.

Diketahui, pasangan Anies dan Cak Imin menjalani tes kesehatan pada Sabtu, 21 Oktober setelah mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober.

Kemudian, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan tes kesehatan pada Minggu, 22 Oktober setelah sebelumnya mendaftar pada Kamis, 19 Oktober.

Selanjutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan pada Kamis, 26 Oktober setelah mendaftar pada Rabu, 25 Oktober.

Sementara, untuk hasil akhir dari rangakain verifikasi atau penelitian administrasi syarat bakal pasangan calon itu nanti akan ditetapkan oleh KPU pada tanggal Senin, 13 November. Dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pasangan calon di hari berikutnya pada 14 November 2023.