Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, menyebut pendaftaran bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto bakal menjadi gong penutupan pendaftaran peserta Pilpres 2024 di KPU. 

KPU sudah membuka pendaftaran capres dan cawapres sejak 19 Oktober hingga 25 Oktober pekan depan. Namun hingga saat ini nama cawapres Prabowo pun belum juga umumkan. 

Eddy mengatakan, pihaknya tak masalah capresnya belum mendaftar di KPU sebagaimana dua pasangan lainnya. Dia pun mengibaratkan pendaftaran Prabowo akan seperti gong yang dimainkan dalam pagelaran musik gamelan.

"Yang terakhir kan kalau dalam gamelan, yang paling terakhir itu kan gongnya kan, gong gitu. Nah, yang jelas yang terakhir mendaftar pak Prabowo akan ya itu lah gongnya nanti," ujar Eddy kepada wartawan, Jumat, 20 Oktober. 

Kabar yang beredar menyebut nama cawapres Prabowo mengerucut pada dua nama yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.  

Terkait hal itu, Eddy menegaskan, pihaknya akan mendukung siapapun bakal cawapres yang ditunjuk mendampingi Prabowo sesuai komitmen awal PAN saat bergabung ke KIM. 

"Siapa pun yang akan diputuskan menjadi cawapres di dalam forum ketua umum itu, seluruh anggota koalisi itu akan taat dan akan konsekuen menjalankan keputusannya," kata Eddy.