Massa Pendukung Capres-Cawapres Istirahat di Rumput Hijau Taman Suropati, Tapi Sampahnya Tidak Dibereskan
Taman Suropati dipenuhi sampah bekas makanan para pendukung Capres Cawapres/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Suropati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sebagai tempat konservasi lingkungan hijau, kini berubah dalam sekejap pada Kamis, 19 Oktober, siang.

Taman yang sejatinya bersih dari kotoran dan sampah itu, kini berubah dipenuhi sampah sisa makanan yang tercecer di atas rerumputan Taman Suropati. Sejumlah kotak bekas makanan dibuang sembarang oleh simpatisan pasangan Calon Presiden (Capres).

Padahal, di beberapa titik kawasan Taman Suropati terdapat sejumlah tempat pembuangan sampah. Namun mereka enggan membuang sampah ditempat semestinya.

"Ada acara ini, malah tidak tertib. Masa mereka habis makan, buang sampahnya seenaknya. Sampah malah ditinggalin di area Taman. Bikin rusak kawasan Taman Suropati yang asri saja," kata Ratna (28) salah satu pengunjung Taman Suropati kepada VOI.

Ratna disela kesibukannya sebagai pegawai di kawasan Menteng, memang kerap menyempatkan diri mampir ke Taman Suropati untuk mengerjakan pekerjaannya dengan laptop. Menurutnya, Taman Suropati selalu bersih.

"Tapi hari ini tidak terlihat petugas kebersihan dari pihak Pertamanan juga. Hari ini banyak sampah yang berserakan. Banyak juga daun kering yang berserakan, tidak disapu bersih," ujarnya.

Selain itu, para simpatisan relawan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud juga kerap menduduki rerumputan di area taman. Beberapa tanaman juga banyak rusak yang diinjak-injak.

"Lihat saja, padahal kan ada bangku taman. Mereka malah gelar spanduk di rumput untuk ajang duduk dan tiduran," tambahnya.

Dari pantauan VOI, tidak terlihat adanya petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat yang bertugas menjaga kebersihan taman pada momen pendaftaran dua Capres-Cawapres ini. Petugas seperti membiarkan fasilitas umum itu rusak tanpa ada imbauan larangan secara lisan di lokasi.