Merinding, Sepanjang Jalan Arah KPU Dipenuhi Lautan Massa Simpatisan Paslon Capres dan Cawapres
Suasan jalan mengarah Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Kamis 19 Oktober (Rizki Sulistyo/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dua ruas lajur sepanjang Jalan Imam Bonjol arah gedung KPU, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, dipenuhi lautan massa simpatisan pasangan Capres dan Cawapres pada Kamis, 19 Oktober. Ribuan massa telah memadati kawasan kantor KPU di Menteng sejak Kamis 19 Oktober pagi.

Dari pantauan VOI, berbagai elemen ormas dan partai terus berdatangan ke arah kantor KPU. Mereka semakin menyemut. Bahkan, aksi atraksi barongsai juga turut meramaikan pawai pendaftaran pasangan Capres dan Cawapres di Kantor KPU.

Faraz Edimulya (38) salah seorang simpatisan dari salah satu pasangan Capres dan Cawapres mengaku telah tiba di kawasan Jalan Imam Bonjol untuk menunggu kedatangan Capres dan Cawapres idolanya.

"Sudah menunggu kedatangan Pak Anies-Muhaimin sejak pagi disini. Saya datang dari Jakarta Utara, jadi lumayan jauh. Kalau tidak tiba dari pagi, takut terjebak macet di jalan," ucapnya kepada VOI di kawasan gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Kamis, 19 Oktober.

Faraz hadir bersama sejumlah rekannya dari salah satu ormas pendukung pasangan bakal calon Presiden Anies Baswedan.

"Sama tim kesini, kita sudah siap bawa spanduk, poster dan bendera dukungan," katanya.

Tepat pukul 09.25 WIB, kawasan Jalan Imam Bonjol semakin padat merayap karena banyak massa lainnya yang baru datang dari berbagai penjuru kota. Meski mereka mendukung Capres dan Cawapres berbeda, namun situasi tetap berjalan kondusif.

Bahkan sejumlah kelompok pendukung yang tidak dapat menembus depan gedung KPU, mereka memilih standby di Taman Suropati untuk meneriakkan yel - yel dukungan. Pasalnya, ruas Jalan Imam Bonjol yang mengarah gedung KPU sudah dipadati sejumlah massa dan kendaraan konvoi.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitaran kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Rekayasa ini dilakukan karena dua pasang calon (paslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftar sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Kamis 19 Oktober 2023 pukul 06.00 sampai dengan selesai akan dilaksanakan pendaftaran Capres dan Cawapres di KPU RI," tulis akun Instagram @tmcpoldametro dikutip Kamis, 19 Oktober.

Masyarakat yang melintas di sekitaran kantor KPU atau Jalan Imam Bonjol diminta untuk melintas di jalur alternatif. Sehingga, tak terjebak kemacetan.