Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada 5 provinsi dan 85 Kabupaten/Kota yang masuk dalam kategori wilayah rawan saat Pemilu 2024. Pemetaan itu merujuk data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pernyataan itu disampaikan saat memberikan arahan dalam Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

"Berdasarkan indeks kerawanan pemilu Bawaslu terdapat 5 provinsi dan 85 Kabupaten/Kota berkatagori kerawanan tinggi," ujar Sigit, Selasa, 17 Oktober.

Sementara dari hasil pemetaan Polri, ada dua provinsi dan satu Kabupaten/Kota yang masuk dalam kategori sangat rawan. Namun, tak dirinci lebih jauh wilayah yang dimaksud.

Mantan Kabareskrim itu hanya meminta para anggota Polri yang bertugas di wilayah tersebut untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lain jangan under estimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin," ungkapnya.

Tak lupa, Sigit juga berpesan agar jajaranmya melakukan pemetaan potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing-masing. Bila terjadi suatu masalah, selesaikan hingga ke akarnya.

"Apabila terhadap konflik yang sedang mengganggu stabilitas kamtibmas, pastikan penggunaan muatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta resesitas," kata Sigit.