Terjabak Api, 3 Orang Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Sijunjung Sumbar
Ilustrasi kebakaran (ANTARA)

Bagikan:

PADANG - Akibat korsleting listrik, dua unit rumah di permukiman padat penduduk di kawasan Parik Rantang, Kunpar, Kemang Baru, Sijunjung, Sumatera Barat, mengalami kebakaran, Senin 16 Oktober malam. Insiden kebakaran ini 3 orang dilaporakan tewas.

Kebakaran tersebut mengakibatkan dua unit rumah terbakar, satu merupakan rumah permanen dan satunya unit semi permanen, sehingga tiga orang pemilik rumah terjebak dalam kobaran api dan meninggal dunia, sementara satu orang mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Selain menelan korban jiwa, kebakaran ini juga mengakibatkan kerusakan lain, seperti dua unit mobil dan enam unit motor yang hangus, serta barang-barang berharga milik korban.

Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung mendapatkan laporan dan langsung mendatangi lokasi kejadian. Mereka menemukan api dalam keadaan membesar, sehingga menurunkan 10 unit mobil pemadam dengan personel sebanyak 70 orang.

Api berhasil dipadamkan setelah proses pemadaman selama 30 menit dengan bantuan warga. Petugas pemadam kebakaran juga dibantu oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dalam melakukan evakuasi tiga orang korban yang terjebak dalam rumah terbakar.

Camat Kemang Baru, Sijunjung, Asrijal, mengatakan bahwa kebakaran hebat melanda Parik Rantang pada malam hari sekitar pukul 22.30 WIB, yang membuat warga sekitar panik dan melaporkan adanya korban jiwa.

"Ketika terjadi kebakaran, dua unit rumah terbakar, di dalamnya ada empat orang pemilik rumah yang terjebak. Tiga orang meninggal dunia, dan satu orang mengalami luka bakar dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat," katanya.

Warga sekitar berupaya memadamkan api, tetapi upaya mereka sia-sia karena api terlalu besar.

"Para pemilik rumah terjebak karena tertidur saat terjadi kebakaran. Kebakaran diduga sementara akibat korsleting listrik dari salah satu rumah di lokasi kejadian," jelasnya.