Api Lalap Rumah di Padang Saat Penghuninya Sedang Terlelap, Damkar Duga Pemicunya Korsleting
Pemadaman api yang meliputi satu rumah warga di Padang, Sumbar, Rabu dini hari (9/11/2022). (ANTARA)

Bagikan:

SUMBAR - Si jago merah melalap rumah warga yang penghuninya sedang terlelap. Peristiwa itu terjadi di kawasan Jalan Sutan Syahrir, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Rabu 9 November dini hari.

Kepala Bidang Operasional, Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan korban.

Saat merasakan hawa panas yang muncul akibat kebakaran, penghuni rumah itu terbangun dan langsung ke luar rumah untuk meminta pertolongan dari warga lain.

"Selanjutnya saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang," kata dia di Padang, Sumbar, dikutip dari Antara, Rabu 9 November.

Sutan mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran ini pada pukul 04.48 WIB. Sebanyak 60 unit mobil pemadam kebakaran kemudian diterjunkan ke lokasi.

"Kami melakukan penanganan pemadaman api hampir satu jam dan sekitar pukul 05.42 WIB api sudah dapat dipadamkan," kata dia.

Ia menyebutkan, dinas damkar juga mengerahkan 60 personel untuk memadamkan api melalap rumah warga tersebut. "Kami juga dibantu petugas gabungan dari Polri, PMI, dan PLN untuk memadamkan api," imbuhnya.

Sutan bilang, kebakaran yang terjadi di rumah tersebut kemungkinan disebabkan oleh korsleting listrik.

Menurut dia, rumah yang terbakar dihuni oleh dua keluarga yang meliputi empat orang. "Kerugian materi diperkirakan Rp300 juta dan alhamdulillah tidak ada korban meninggal, luka berat, ataupun luka ringan," kata dia.