Bagikan:

JAKARTA - Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo atau SYL terus diusut. Terbaru, Polda Metro Jaya bakal memeriksa tiga pejabat Kementerian Pertanian (Kementan), hari ini.

"Tiga orang saksi dari pejabat eselon 1 di lingkungan Kementan RI," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada VOI, Selasa, 17 Oktober.

Ketiga saksi itu merupakan Kabag dan Dirjen. Selain itu, penyidik juga akan memeriksa dua ajuan pejabat Kementan. Namun, tak dijelaskan secara rinci mengenai indentitas para saksi tersebut.

Hanya disampaikan dalam proses penyidikan, puluhan saksi sudah dimintai keterangan guna menetapkan tersangka di kasus pemerasan terhadap SYL.

"Total sampai dengan kemaren sudah 23 orang saksi dimintai keterangan selama proses penyidikan," kata Ade.

Adapun, hari ini, penyidik juga memeriksa mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Pemeriksaan terhadapnya disebut dijadwalkan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi, beberapa saksi yang sudah dimintai keterangan yakni Syahrul Yasin Limpo dan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar. Mereka dimintai keterangan di awal kasus naik ke tahap penyidikan.

Kemudian, penyidik juga sudah memeriksa Kevin Egananta, Jumat, 13 Oktober. Dia merupakan ADC atau ajudan Ketua KPK Firli Bahuri.

Lalu, Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo juga sudah diambil keterangannya, pada Senin, 16 Oktober.