Bagikan:

CIREBON - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo didoakan Syekh Muhammad Fadhil Jailani. Ia merupakan cucu ke-25 dari Syekh Abdul Qadir Jailani, yang dikenal sebagai sufi mahsyur serta Sulthanul Auliya.

Ganjar juga mendapat amalan dari Syekh tersebut. Hal itu berlangsung saat bakal capres PDI Perjuangan (PDIP) itu menghadiri acara pernikahan anak pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) KHAS Kempek, Cirebon, KH Muhammad Mustofa Aqil Siroj, Minggu 8 Oktober.

Pada awal pertemuan, Ganjar diperkenalkan oleh KH Mustofa dan keluarga kepada Syekh Fadhil Jailani sebagai bakal capres 2024. Kemudian saat sedang santap siang usai bertemu mempelai, Ganjar dipanggil oleh Syekh Fadhil.

Didampingi penerjemah dan perwakilan keluarga, Syekh Fadhil tampak menyampaikan beberapa hal kepada Ganjar. Sesekali sang syekh tampak menghitung jari-jemari yang diperhatikan Ganjar dengan seksama.

"Itu (yang disampaikan) doa dan amalan Syech Fadhil Abdul Qadir Djaelani buat Pak Ganjar,” ucap Riyad, perwakilan keluarga yang mendampingi Ganjar saat bersama Syekh Fadhil, dalam keterahan tertulis, Minggu 8 Oktober, disitat Antara.

Ia menuturkan, amalan yang diberikan berupa lantunan doa untuk dibaca sebanyak 313 kali usai Ganjar menunaikan salat.

“Itu (amalan) untuk Pak Ganjar supaya selalu kuat dan sehat, artinya beliau sangat peduli kepada Pak Ganjar,” ujarnya.

 

Kedatangan Ganjar ke Ponpes KHAS Kempek didampingi sang istri, Siti Atikoh Supriyanti. Turut hadir juga Menko Polhukkam Mahfud MD, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, sejumlah tokoh PPP dan pejabat setempat juga tampak hadir. Termasuk mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj yang merupakan kakak dari KH Mustofa.

Tampak pula keluarga ulama kharimastik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen yang menjadi besan dari KH Mustofa. Hadir juga di antaranya eks Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang duduk berdampingan dengan seorang syekh.