Daftar Gelar Honoris Causa Megawati Soekarnoputri Bertambah Lagi, 12 Gelar Telah Disandang
Megawati Soekarnoputri (VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali menambah gelar kehormatan akademik, yang kini memiliki 12 gelar. Presiden Kelima Indonesia ini baru saja menerima gelar doktor honoris causa (HC) bidang ilmu sosial dari Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia pada Senin 2 Oktober. Lantas apa saja daftar gelar honoris causa Megawati?

Megawati Soekarnoputri dikenal sebagai salah satu tokoh politik di Indonesia yang memiliki segudang gelar kehormatan akademik di usianya yang sudah sepuh. Gelar yang ia dapatkan dari UTAR menjadi gelar doktor honoris causa yang ke 10 baginya. Penyerahan gelar dilakukan dalam upacara resmi di UTAR Sungai Long Campus, Selangor, Malaysia. 

Megawati Menerima Gelar Doktor Honoris Causa dari UTAR Malaysia 

UTAR Malaysia menyerahkan gelar honoris causa kepada Megawati karena putri Presiden Soekarno ini dinilai berjasa di bidang sosial. Dato’ Ewe Hong Tat, Presiden/Ketua Eksekutif UTAR, menuliskan dalam suratnya bahwa pemberian gelar ini sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi dan jasa Presiden ke-5 RI.

Dato’ Ewe menyampaikan bahwa Megawati telah berjasa dan berkontribusi dalam bidang sosial, pendidikan, inovasi, dan penelitian. Ia juga mengatakan bahwa Megawati sudah selama 44 tahun membuktikan keterlibatan yang luar bisa dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

"Semangat Prof Dr dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat khususnya di bidang pendidikan terbukti melalui keterlibatan luar biasa Prof Dr selama 44 tahun dalam pelayanan publik, kerja sukarela, dan kepemimpinan di bidang politik, literasi, dan pendidikan. Prestasi pribadi dan profesional Prof Dr telah menjadi inspirasi bagi semua orang," tulis Ewe Hong Tat dalam keterangannya.

Daftar Gelar Honoris Causa Megawati Soekarnoputri

Sampai saat ini, Megawati diketahui memiliki sebanyak 12 gelar Honoris Causa dari dalam negeri dan luar negeri. Dari semua gelar yang perolehnya tersebut, terdiri dari 10 gelar doktor kehormatan dan profesor kehormatan. 

Gelar Doktor Honoris Causa Megawati Soekarnoputri

Berikut deretan gelar Doktor Honoris Causa yang telah dimiliki Megawati Soekarnoputri: 

  1. Doktor Honoris Causa bidang politik dari Waseda University of Tokyo, pada 29 September 2001
  2. Doktor Honoris Causa bidang politik dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), pada 22 April 2003 
  3. Doktor Honoris Causa bidang politik dari Korea Maritime and Ocean University, pada 19 Oktober 2015
  4. Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran (UNPAD), pada 25 Oktober 2016 
  5. Doktor Honoris Causa bidang pendidikan politik dari Universitas Negeri Padang (UNP), pada 27 September 2017 
  6. Doktor Honoris Causa bidang demokrasi ekonomi dari Mokpo National University, pada 16 November 2017 
  7. Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), pada 8 Maret 2018 
  8. Doktor Honoris Causa bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University (FNU), pada 5 November 2018
  9. Doktor Honoris Causa bidang kemanusiaan dari Soka University Japan, pada 8 Januari 2020 
  10. Doktor Honoris Causa bidang ilmu sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), pada 2 Oktober 2023 

Gelar Profesor Honoris Causa Megawati Soekarnoputri 

Berikut ini daftar gelar Profesor Honoris Causa yang telah didapatkan oleh Megawati Soekarnoputri:

  1. Profesor Kehormatan ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan (2021)
  2. Profesor Kehormatan kebijakan seni dan ekonomi kreatif dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Korea Selatan (2022)

Demikianlah ulasan mengenai daftar gelar Honoris Causa Megawati Soekarnoputri yang baru saja bertambah setelah mendapatkan gelar akademik dari UTAR Malaysia. Megawati berhasil memperoleh banyak gelar karena dinilai menjadi figur yang punya jasa dan  berkontribusi di sejumlah bidang.