17 Bus Trans Batam Disiapkan Bantu Relokasi Warga Rempang ke Rusun
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim (ANTARA/Jessica)

Bagikan:

BATAM - Dinas Perhubungan Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menyiapkan 17 bus Trans Batam untuk membantu relokasi warga Rempang ke rumah susun (rusun) yang telah disiapkan.

"Sesuai kebutuhan, terakhir dari Biro Umum BP Batam minta disiapkan 17 armada bus Trans Batam," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam Salim dilansir ANTARA, Rabu, 20 September.

Dia menyampaikan ada tiga rusun milik Pemkot Batam yang dapat digunakan untuk tempat relokasi sementara bagi warga Rempang.

Ada juga armada transportasi yang disiapkan, selain bus Trans Batam, yaitu truk dan bus berkapasitas besar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam Rudy Panjaitan menyampaikan pihaknya juga menyediakan bus sekolah untuk mengangkut siswa-siswi sekolah yang terdampak relokasi.

"Relokasi warga nanti menggunakan truk untuk angkat barang-barang milik mereka, kemudian juga ada bus besar juga boleh, mekanismenya gitu," kata Rudy.

Fasilitas di rusun sudah tersedia, seperti aliran listrik dan air yang lancar.

Diberitakan sebelumnya Pemkot Batam menyiapkan tiga rusun atau sekitar 202 kamar untuk tempat relokasi sementara bagi warga Rempang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam Rudy Panjaitan mengatakan selain rusun Pemkot Batam, ada beberapa rusun lainnya yang disiapkan yaitu Rusun BP Batam (lima rusun), Rusun Jamsostek (tiga rusun), serta ruko dan perumahan.

"Ada tiga lokasi rusun yang disiapkan dan telah disampaikan dengan tim. Ada di daerah Kabil, Tanjung Uncang, dan saat ini sudah di mapping segala perlengkapan di sana," kata Rudi.