Tim SAR Cari Wanita yang Hilang di Hutan di Buton Selatan
Tim SAR gabungan menyisir hutan untuk mencari korban. (Antara/HO-Basarnas Kendari)

Bagikan:

KENDARI - Tim SAR Wakatobi, Basarnas Kendari, mencari seorang wanita paruh baya yang hilang di Hutan Katolemando, Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah  mengatakan wanita yang hilang itu bernama Wa Siambo (74), warga Desa Sandang Pangan.

Informasi hilangnya korban, pertama kali dilaporkan oleh pihak keluarga.

"Bapak Iron, keluarga korban yang lapor ke Basarnas Kendari," kata Arafah dilansir ANTARA, Senin, 18 September.

Berdasarkan laporan tersebut, lanjut Arafah, pihaknya kemudian memberangkatkan Tim Penyelamat Pos SAR Baubau ke lokasi yang diinformasikan untuk memberikan bantuan SAR terhadap korban.

"Jarak tempuh lokasi itu dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 45 kilometer," ujar Arafah.

Beberapa unsur yang terlibat dalam pencarian korban tersebut, yakni Pos SAR Baubau, Pos SAR Wakatobi, PMI Kota Baubau, BPBD Buton Selatan, warga sekitar, dan keluarga korban.

"Adapun alat yang digunakan untuk mencari korban, yakni mobil penyelamat, perahu karet, truk penyelamat, peralatan pendakian gunung, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya," ungkap Arafah.

Setibanya Tim Penyelamat Pos SAR Baubau di hutan Katolemando, pihaknya langsung melakukan penyisiran hingga pukul 18.00 WITA. Namun, keberadaan korban tidak kunjung ditemukan.

"Operasi SAR itu dihentikan sementara dan akan dilanjutkan pada besok pagi, Selasa (19/9) pada pukul 06.30 WITA," sebutnya.

Kepala Basarnas Kendari juga mengungkapkan menurut keterangan keluarga korban, Wa Siambo hilang saat mencari pinang di hutan Katolemando, Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, pada Minggu (17/9) sekitar pukul 16.00 WITA.

"Namun, semalaman korban tidak kembali hingga Senin (18/9) pukul 07.00 WITA," kata Arafah.