Bagikan:

JAKARTA - Selebgram asal Makassar, Nur Utami, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidama pencician uang (TPPU) jaringan narkoba Fredy Pratama. Tas hingga kendaraan mewah disita guna dijadikan barang bukti.

"Aset-aset yang berhasil kita amankan ada beberapa jenis kendaraan di antaranya Alphard kemudian Hilux, termasuk juga HRV dan beberapa kendaraan yang lainnya," ujar Wadir Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi saat dikonfirmasi, Senin, 18 September.

Tak hanya kendaraan, penyidik juga menyita aset lainnya berupa tanah dan bangunan. Namun, tak dirinci jumlah dan lokasi aset tersebut.

Jayadi hanya menyampaikan ada juga barang pribadi Nur Utami yang turut disita. Semisal beberapa tas mewah merek LV dan Hermes.

"Dari yang bersangkutan juga kita lakukan penyitaan terhadap barang-barang bermerk seperti tas LV, Hermès dan beberapa jenis barang yang lainnya," ungkapnya.

Selain itu, penyidik juga sudah menyita rekening milik selebgram asal Makassar tersebut. Saat ini, rekening itu sedang diproses pemblokiran.

"Sampai dengan hari ini kami sudah dapatkan rekeningnya. Mohon bersabar, kami akan lakukan permintaan kepada pihak bank untuk melakukan pengecekan terhadap rekening yang bersangkutan," kata Jayadi.

- https://voi.id/berita/311763/jokowi-bakal-cek-perusahaan-tambang-yang-tak-perbaiki-lahan

- https://voi.id/berita/311758/jokowi-ajak-masyarakat-tanam-pohon-sebanyak-mungkin-di-jakarta

- https://voi.id/berita/311743/ecky-si-pemutilasi-angela-divonis-penjara-seumur-hidup

- https://voi.id/berita/311741/diklaim-masuk-bursa-kapten-tim-pemenangan-amin-najwa-shihab-saya-belum-komunikasi-dengan-siapa-pun

- https://voi.id/berita/311719/gelar-rapat-di-nasdem-tower-koalisi-perubahan-ingin-anies-muhaimin-jadi-pendaftar-pertama-di-kpu

- https://voi.id/berita/311711/terbongkar-pungli-antrean-subsidi-pangan-warga-jakarta-mau-lebih-cepat-bayar-rp50-ribu

[/see_also]

Nur Utami ditetapkan tersangka karena berperan menampung hasil penjualan narkoba di wilayah Sulawesi Selatan. Kemudian, dia menggunakannya untuk membeli sejumlah aset.

"Menampung hasil penjualan narkoba yang kemudian di belanjakan dalam bentuk kendaraan dan barang barang bermerek serta pembeliat aset berupa tanah dan bangunan," sebutnya.

Keterlibatan Nur Utami dalam jaringan Fredy Pratama lantaran suaminya yang berinisial S merupakan anak buah dari gembong narkoba tersebut.

"NU merupakan istri dari S yang saat ini masih dalam pencarian penyidik dan secara langsung berperan sebagai pengendali wilayah Sulawesi Selatan bersama WW yang sudah ditangkap dan ditahan sebelumnya," kata Jayadi.