Akibat Kelelahan, Pendaki Meninggal di Bukit Daun Rejang Lebong
Ilustrasi mayat (ANTARA)

Bagikan:

REJANG LEBONG - Tim gabungan Basarnas, TNI/Polri, BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berhasil mengevakuasi pendaki yang meninggal dunia di atas Gunung Bukit Daun Kabupaten Rejang Lebong pada Rabu pagi sekitar pukul 04.30 WIB.

Pendaki yang meninggal dunia di atas Gunung Bukit Daun tersebut diketahui bernama Mansurudin (50) warga Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Korban meninggal dunia pada Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB dan baru berhasil dievakuasi 11 jam kemudian.

"Jenazah korban ini setelah berhasil dievakuasi tim gabungan sekitar pukul 04.30 WIB diserahkan pada pihak keluarga dengan di antar langsung ke rumah duka di Desa Air Meles Atas," kata Kapolsek Bermani Ulu Iptu Ibnu Sina Alfarobi dikutip ANTARA, Rabu 13 September.

Dia menjelaskan, proses evakuasi korban di atas gunung yang berketinggian 2.467 Mdpl itu berlangsung cukup lama, mengingat medannya cukup sulit dan kondisi malam hari.

Pendaki yang meninggal dunia tersebut, kata dia, saat akan turun dari melakukan camping bersama dengan dua orang rekannya tepat berada di shelter II Bukit Daun Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu.

Sementara itu Kepala pelaksana BPBD Rejang Lebong Sholahuddin saat berada di rumah duka menjelaskan, jika korban tersebut adalah adik kandungnya yang selama ini dikenal pencinta alam dan kerap melakukan pendakian gunung.

"Korban ini berhasil dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas,TNI/Polri, tim TRC BPBD Rejang Lebong, mahasiswa Mapala IAIN Curup dan pada shubuh tadi sekitar pukul 05.00 WIB," katanya.

Menurut dia adiknya itu meninggal dunia saat melakukan pendakian bersama dengan dua orang temannya ke Bukit Daun yang diduga akibat mengalami kelelahan.

Jenazah almarhum Mansurudin yang merupakan mantan anggota KPU Rejang Lebong periode 2008 hingga 2018 itu sekitar pukul 09.00 WIB dimakamkan di TPU Kelurahan Talang Ulu, Kecamatan Curup Timur.