Anies Baswedan dan Elon Musk Masuk Daftar 21 Pahlawan Transportasi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: dokumentasi BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan masuk dalam daftar 21 pahlawan versi Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) Initiative. TUMI Initiative adalah organisasi inisiatif penerapan global pada mobilitas berkelanjutan. 

Selain kedua Anies, TUMI juga memberikan penghargaan terhadap bos Tesla Elon Musk; Menteri Pemerintahan Ibu Kota Brussels, Belgia, Elke Van den Brandt; Menteri Transportasi Ethiopia Dagmawit Moges; 

Wakil Manajer Umum Grup Bus Shenzhen, China, Joe Ma; serta Wali Kota Tirana, Albania, Erion Veliaj; Wali Kota Porto Alegre, Brazil Nelson Marchezan Junior; serta lainnya.

Dalam pernyataannya, TUMI menilai, Anies telah melakukan pengembangan transportasi, termasuk pelayanan bus dan rencana pembangunan besar jalur sepeda hingga 63 kilometer di Jakarta.

Jakarta telah bekerja menuju terciptanya transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif bagi semua orang. 

Sebelum pandemi COVID-19, Anies juga melihat sistem transportasi Jakarta menjadi transformatif dan saling terintegrasi.

"Di tengah kabut asap yang ada di kota, dia mencoba peluang untuk meluncurkan rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun transportasi publik yang terhubung langsung dengan stasiun kereta api komuter."

Selain itu, Jakarta juga meraih penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2020 dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP). 

Sementara, TUMI menjelaskan, Elon Musk mendapatkan penghargaan ini berkat perkembangan perusahaan kendaraan listrik dan energi bersih, Tesla. Harapannya, Elon Musk bisa menciptakan transportasi massal dengan teknologi yang sama.