Sejajar dengan Elon Musk & Anne Hidalgo sebagai <i>Hero</i> Transportasi, Anies Baswedan: Capaian Semua Pihak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi penobatan dirinya sebagai salah satu pahlawan transportasi dalam 21Heroes2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies dinobatkan bersama 20 orang lainnya, termasuk di dalamnya sederet nama besar seperti CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk hingga Wali Kota Paris, Anne Hidalgo. 

Nama mereka terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Merespons hal ini, Anies memandang label 'pahlawan' transportasi merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI, juga kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” kata Anies dalam keterangannya, Jumat, 5 Februari.

Dalam pernyataannya, TUMI menilai, Anies telah melakukan pengembangan transportasi, termasuk pelayanan bus dan rencana pembangunan besar jalur sepeda hingga 63 kilometer di Jakarta.

Anies juga dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua, salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko.

Kemudian, Anies mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT) sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional.

"Di tengah kabut asap yang ada di kota, dia mencoba peluang untuk meluncurkan rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun transportasi publik yang terhubung langsung dengan stasiun kereta api komuter," tulis keterangan TUMI.

Selain itu, Jakarta juga meraih penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2020 dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP). 

Sebagai informasi, 21Heroes2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan pandemi yang dihadapi dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021. 

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.