Puting Beliung Terjang Tapin Kalsel, Atap Masjid dan Rumah Warga Rusak Berat
Atap masjid terdampak angin puting beliung di Desa Banua Padang, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Selasa (12/9/2023). ANTARA/HO-BPBD Tapin

Bagikan:

KALSEL - Angin puting beliung yang melanda Kabupaten Tapin di Kalimantan Selatan (Kalsel) menghancurkan bangunan atap masjid dan atap rumah warga.

"Informasi masyarakat pada pukul 14.30 Wita telah terjadi hujan deras disertai angin kencang di wilayah tersebut," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin, Kalsel, Raniansyah di Rantau, Selasa 12 September, disitat Antara.

Raniansyah mengungkapkan angin puting beliung ini menghancurkan atap kubah menara masjid di Desa Banua Padang dan atap rumah beserta warung milik warga.

"Atap masjid rusak berat dan atap rumah sekaligus warung warga rusak sedang," ungkap Raniansyah.

Akibat bencana ini, kata dia, saat ini masjid masih bisa digunakan warga untuk ibadah. Sedangkan kerusakan pada rumah mengharuskan warga mengungsi.

"Kerusakan rumah ini membuat aktifitas sehari-hari warga menjadi terganggu dan tidak dapat berjualan," tutur Raniansyah.

Kerugian akibat angin puting beliung ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini pihak terkait sedang mendata untuk penyerahan bantuan.

"Belum ada bantuan nanti kita koordinasikan dengan Dinas Sosial Tapin," ungkapnya.