15 Rumah dan Masjid di Aceh Tenggara Rusak Diterjang Puting Beliung
Salah satu rumah penduduk yang mengalami kerusakan atap akibat diterpa angin puting beliung di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. (ANTARA/HO-BPBD Aceh Tenggara)

Bagikan:

BANDA ACEH - Sebanyak 15 unit bangunan meliputi rumah warga, masjid dan mushala di Kabupaten Aceh Tenggara dilaporkan rusak akibat diterpa angin puting beliung.

“Kondisi terakhir masih dilakukan penanganan,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBA di Banda Aceh dilansir ANTARA, Kamis, 23 Maret.

Angin puting beliung menerjang Aceh Tenggara pada Rabu (22/3) siang. Akibatnya ada sembilan desa dalam tiga kecamatan yang terdampak, yakni Kecamatan Lawe Sigala Gala, Kecamatan Bukit Tusam, dan Kecamatan Tanoh Alas.

“Kejadian ini dipicu cuaca ekstrem menimbulkan angin puting beliung yang menghempas atap rumah warga di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara,” ujarnya.

BPBD Aceh Tenggara mencatat 15 unit bangunan rusak di antaranya 13 unit rumah penduduk, satu unit mushala dan satu unit masjid yang rusak. Dengan rincian sembilan unit rusak berat dan enam unit rusak ringan.

Ilyas menyebutkan, di Kecamatan Lawe Sigala-Gala terdapat enam unit rumah warga rusak berat dan tiga unit rusak ringan serta satu unit mushala Al Muhajir yang rusak berat.

Kemudian, di Kecamatan Bukit Tusam terdapat dua unit rumah rusak berat dan di Kecamatan Tanoh Alas terdapat dua rumah penduduk serta satu unit masjid yang mengalami rusak ringan.

“Korban terdampak sebanyak 55 jiwa dalam 13 kepala keluarga dan harus mengungsi ke rumah saudara terdekat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Ilyas.