Alasan Ayuterrra Resort Ganti 3 Tali Sling Jadi Satu Tali dengan Daya Angkut Beban 1,8 Ton
Kondisi jalur lif Ayuterra Resort Ubud/DOK ANTARA

Bagikan:

DENPASAR - Ayuterra Resort Ubud, Gianyar, Bali, mengganti 3 tali sling lift menjadi satu tali sling dengan kekuatan daya angkut beban yang lebih besar mencapai 1,8 ton.

Kapolres Gianyar, Bali, AKBP I Ketut Widiada, menerangkan manajemen Ayuterra Resort mengganti tali sling karena mengalami penyusutan. Penggantian menjadi satu tali sling dilakukan pada Maret 2023.

"Hasil pengecekan di TKP di tahun 2019 kekuatan tali sling tiga (menyusut). Setelah itu diperbaiki Maret 2023 dan (diganti menjadi) satu," kata Widiada, Jumat, 8 September.

Dijelaskan teknisi Ayuterra Resort, tiga tali sling yang dipasang sebelumna memiliki daya angkut beban 1,2 ton. Karena terjadi penyusutan, tali sling diganti menjadi satu tali yang punya daya angkut beban 1,8 ton.

"Ini dari teknisi menyampaikan bahwa kekuatan yang tiga (tali sling), satu tali seling sekitar 400 kilogram, jadi kalau tiga sekitar 1,2 ton. Nah yang diganti satu ini sesuai keterangan dari teknisi kekuatannya 1,8 ton, jadi masih bisa digunakan," sebutnya.

Menurut kepolisian, penggantian tali sling ini sudah sesuai aturan yang diberlakukan Ayuterra Resort.

"Tiga (tali sling) diganti baru yang kekuatannya lebih kuat. Kalau sesuai aturan dari mereka itu kalau sudah susut 10 persen wajib diganti. Kemungkinan dari tiga ini mengalami penyusutan 10 persen sehingga diganti dan tinggal yang satu ini kekuatan 1,8 ton,” paparnya.

Sementara soal putusnya tali sling yang dipasang pada Maret 2023 saat menarik beban lift, polisi masih menunggu hasil Labfor Polda.

"Kita menunggu dari pemeriksaan Bidlabfor dan itu nanti dicek kekuatan slingnya. Apakah karena kelebihan (muatan) itu nanti pemeriksaan Bidlabfor," ujar AKBP Widiada.