Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan kegiatan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta berjalan aman.

Pernyataan itu disampaikan keduanya usai memantau pengamanan di pusat pengendalian operasi (Pusdalops), Jakarta, Kamis, 7 September.

"Jadi Alhamdulilah sampai siang ini, dari awal sampai siang ini kita dapat mengendalikan semua kegiatan keamanan untuk PAM di KTT ASEAN ini dengan lancar," ujar Yudo.

Menurutnya, selama gelaran KTT ASEAN ke-43, TNI-Polri selalu memantau keamanan ibu kota, baik darat, laut, maupun udara. Dari laporan yang diterima, tak ada hal-hal yang berpotensi terjadi gangguan.

"Kita sudah kita dengarkan baik dari keamanan laut, udara, kemudian darat yang khususnya di kota Jakarta ini dan juga dari rangkaian kegiatan yang sudan kita pantau sejak awal sampai nanti para delegasi kembali," ungkapnya.

Menambahkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyebut kelancaran pengamanan KTT ASEAN berkat sinergitas TNI-Polri yang erat. Koordinasi personel dari tingkat bawah hingga atas terus dilakukan hingga dapat mencegah terjadinya gangguan.

"Beliau sebagai ketua dan kami sebagai anggota pengamanan tentunya terus berkoordinasi untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pengamanan bisa berjalan dengan baik," ungkap Sigit.

Sigit juga menyebut bila pengamanan akan terus dilakukan hingga beberapa hari kedepan. Meski, hari ini merupakan puncak dari KTT ASEAN ke-43.

"Seluruh rangkaian kegiatan pengamanan KTT ini bisa berjalan dengan baik sampai dengan seluruh rangkaian ditutup oleh bapak Presiden dan seluruh delegasi kembali meninggalkan Indonesia ke negaranya masing-masing," kata Sigit.

Sebagai informasi, KTT ke-43 Asean Summit tahun 2023 akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, di mana puncak acara KTT bakal digelar pada 5 sampai 7 September 2023.