Bagikan:

TANGERANG - Satgas Penanggulangan Pencemaran Udara Polda Metro Jaya melakukan sidak di beberapa pabrik di wilayah Kota Tangerang. Irwasda Polda Metro Jaya, Kombes Nurkolis mengatakan pihaknya menemukan beberapa sampel yang dibawa dari pabrik-pabrik tersebut.

“Kami temukan ada pabrik yang belum memenuhi standar, tapi ini harus melalui proses laboratoris untuk mengecek apakah salah satu kontribusinya pencemaran udara dari pabrik-pabrik ini,” kata Nurkolis kepada wartawan, Rabu, 6 September.

Nurkolis menerangkan alasannya melakukan penindakan ini yakni untuk langkah preventif. Namun untuk saat ini pihaknya hanya memberikan teguran terhadap pabrik-pabrik tidak memenuhi standar.

“Kami lebih mengedepankan tindakan preventif berupa teguran dan pengawasan atas temuan itu, untuk melihat apa yang terjadi dari pencemaran udara ini," ucapnya.

Ia menceritakan dari hasil yang dilakukan Satgas Penanggulangan Pencemaran Udara, pihaknya mendapati pabrik yang menggunakan bahan bakar batu bara yang dicampur dengan cangkang daripada sawit.

"Dari hasil ini, apakah hasil pembakaran dari pabrik tersebut sempurna atau tidak dan bisa dilepas ke udara atau tidak. Maka harus melalui pengecekan laboratorium untuk memastikan polutan yang dilepas pabrik ini sudah memenuhi standar, layak atau tidak untuk dilepas ke udara," tutupnya.