Yenny Wahid: Jangan Lihat Klaim Capres Saja, Tapi Sepak Terjangnya
Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid memberikan sambutan pada ASEAN Women CEO Forum di Jakarta, Sabtu (2/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru/foc. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)

Bagikan:

JAKARTA - Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid mengingatkan warga negara Indonesia untuk tetap kritis atau mengkritisi Pemilu 2024, terutama klaim para kandidat di Pilpres.

"Saya berharap semua pihak, terutama warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih, untuk bersikap lebih kritis melihat semua sosok yang ada, jangan lihat klaimnya saja, tetapi sepak terjangnya," katanya dikutip ANTARA, Selasa, 5 September.

Dia menjelaskan di tahun politik, banyak sekali klaim-klaim sepihak, hingga hasutan dan provokasi. Salah satunya klaim terkait perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang tidak sebanding dengan perolehan suara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Berpegang pada data yang sifatnya faktual, jangan mengklaim, karena semua orang bisa," katanya menegaskan.

Selain itu, sebagai putri Gus Dur yang juga mantan Ketua Umum DPP PKB, Yenny Wahid menegaskan, mereka tetap menginginkan agar apa pun yang terjadi dalam perhelatan politik ke depan tetap menjaga kerukunan.

"Mau Pemilu atau Pilpres, setelah selesai bertanding, maka kemudian kita bisa bersanding kembali, kembali merajut kerukunan bersama warga masyarakat," harapnya.

Terkait konflik yang pernah terjadi antara Gus Dur dan Muhaimin Iskandar, Yenny menyatakan saat ini masyarakat sudah cerdas, dan bisa memahami persoalan di masa lalu.