Bagikan:

PAPUA TENGAH - Warga di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah dapat bantuan pemasangan instalasi listrik sederhana. Honai atau rumah mereka kini diterangi lampu dari aliran listrik.

Komandan Batalion Infantri Raider 300/Braja Wijaya, Letkol Infantri Afri Swandi Ritonga mengatakan, listrik yang dialirkan ke rumah warga itu berasal dari sel surya sehingga pemukimannya terang terutama di malam hari.

Ritonga bilang warga Distrik Sinak sudah lama menginginkan kampungnya dialiri listrik.

Kini sebanyak 15 rumah sudah dialiri listrik.

Dia menjelaskan, jumlah warga yang dialiri listrik lantaran keterbatasan infrastruktur dan medan yang sulit diakses.

"Saat pemasangan instalasi nampak warga setempat turut membantu dan itu menunjukkan semangat gotong royong antara prajurit dengan warga setempat," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa 5 September, disitat Antara.

Salah satu warga bernama Yohanes Wenda Murib, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dari Satgas Mobile Raider 300/Braja Wijaya dari Kodam III/Siliwangi itu yang telah membuat kampungnya terang.

Dengan adanya aliran listrik selain kampung menjadi terang juga anak-anak dapat belajar di malam hari.

Selain itu jalan disekitar perkampungan juga relatif terang karena adanya lampu. "Terima kasih bapa TNI atas bantuannya sehingga kampung kami terang terutama dimalam hari," kata Murib.