Wapres Ma'aruf Amin Dijadwalkan Buka Minangkabau Halal Festival 2023
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat mensosialisasikan pelaksanaan Minangkabau Halal Festival 2023. (ANTARA/Miko Elfisha)

Bagikan:

PADANG - Wakil PresidenMa'aruf Amin dijadwalkan bakal membuka Minangkabau Halal Festival 2023 yang dipusatkan di Auditorium Universitas Negeri Padang pada 8-10 September 2023.

 "Informasi terakhir Wakil Presiden Ma'aruf Amin akan membuka even nasional sebagai salah satu upaya mendorong Sumbar sebagai industri halal di Indonesia," kata Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi di Padang dilansir ANTARA, Senin, 4 September.

Dia mengatakan, sejak awal dukungan Wapres untuk menjadikan Sumbar sebagai pusat industri halal sangat terasa. Hal itu karena Sumbar dinilai memiliki iklim yang tepat untuk mengembangkan hal tersebut. 

"Sebanyak 98 persen warga Sumbar adalah muslim, selain itu Sumbar juga memiliki Falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang diakomodasi dalam UU tentang Provinsi Sumbar. Sumbar juga punya Perda tentang Wisata Halal," ujarnya.

Dia menyebut banyaknya event nasional dan internasional tentang industri halal yang digelar di provinsi itu termasuk Minangkabau Halal Festival 2023 menjadi salah satu bukti upaya pemerintah untuk melalukan akselerasi Sumbar sebagai pusat industri halal di Indonesia mulai memperlihatkan hasil.

"Kita berharap event ini juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat terutama pelaku usaha pentingnya produk halal yang dibuktikan dengan sertifikasi halal," katanya.

Sementara itu perwakilan Event Organizer Minangkabau Festival Halal 2023, Fitria Rahma mengatakan even tersebut akan berfokus pada kegiatan expo atau pameran dagang.

"Ada 134 UMKM yang sudah mendaftar dalam event ini. Sebagian besar adalah UMKM dari Sumbar, namun ada juga yang dari luar Sumbar," katanya.

 

Dalam festival itu nantinya juga bakal dilakukan sosialisasi dan sertifikasi halal untuk produk UMKM di Sumbar secara gratis. Sertifikasi itu melibatkan lembaga sertifikasi dari UNP serta melibatkan Dinas Koperasi dan UKM Sumbar.

Pihaknya juga menargetkan dengan rangkaian kegiatan Minangkabau Festival Halal 2023, produk UMKM Sumbar tidak hanya memiliki pasar lokal di Sumbar saja tapi juga bisa masuk ke pasar nasional bahkan internasional.

Acara itu rencananya juga akan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.