Rute Kereta Non-stop Terpanjang di India Kehilangan Gelarnya
Kereta Tejas Rajdhani Express. (Wikimedia Commons/Leavemealoneinhell)

Bagikan:

JAKARTA - Rute kereta penumpang non-stop terpanjang di India kehilangan gelarnya, seiring dengan dimulainya pemberhentian tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Rute kereta non-stop terpanjang di India sebelumnya dipegang oleh relasi Vadodara ke Kota yang dilayani oleh Kereta Thiruvananthapuram Rajdhani Express. Relasi sejauh 528 kilometer ini ditempuh dalam waktu enam jam 45 menit.

Untuk pertama kalinya pada Hari Sabtu kemarin, Kereta Thiruvananthapuram Rajdhani Express yang melayani rute dari New Delhi dan menuju ke ibu kota Kerala, akan berhenti di Ratlam, yang berjarak 258 km dari Vadodara, Gujarat, melansir The National News 2 September.

Outlet media India, OnManorama melaporkan, pemberhentian ini bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi para penumpang dari Kerala, Karnataka, Goa, Maharashtra. Serta bagi mereka yang melakukan perjalanan antara Ratlam dan New Delhi.

Namun, pemberhentian tersebut juga membuat relasi itu kehilang rekornya dan berpindah ke Kereta Mumbai Tejas-Rajdhani Express yang menghubungkan New Delhi dengan Kota.

Kereta tersebut melaju non-stop selama 5 jam 10 menit untuk melayani relasi sejauh 465 kilometer tersebut.

Diketahui, merujuk Guinness World Records, perjalanan kereta non-stop terpanjang yang pernah tercatat menempuh jarak sejauh 1,421 km dari London ke Cannes pada Bulan Mei 2006.

Bukan perjalanan biasa, sebab Kereta Eurostar yang digunakan dalam perjalanan tersebut bagian dari layanan khusus untuk mempromosikan film laris Tom Hanks, 'The Da Vinci Code'.

Sementara itu, perjalanan kereta api terpanjang di dunia yang diketahui adalah milik Trans-Siberia. Kereta ini menempuh jarak sejauh 9.290 km, melewati 87 kota dan 876 stasiun dalam perjalanannya selama tujuh hari. Kereta ini juga melintasi dua benua dan delapan zona waktu.

Dengan semua keberangkatan Trans-Siberia dihentikan karena perang Rusia-Ukraina, perjalanan kereta The Canadian untuk saat ini memegang gelar kereta dengan jarak tempuh terjauh, dari Toronto ke Vancouver sejauh 4.466 km dalam waktu empat malam.