Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak ibu-ibu mendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Katanya, sosok berambut putih itu bakal memberikan pertolongan jika mereka mendapat kekerasan dalam rumah tangga.

Hal ini disampaikan Megawati saat hadir di acara 'Temu Kebangsaan' di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa, 22 Agustus. Dalam kegiatan tersebut hadir juga Ganjar Pranowo.

"Ibu-ibu ayo menangin, Pak Ganjar," kata Megawati seperti dikutip dalam keterangan tertulis.

Adapun pernyataan ini diawali ketika Megawati menyebut seorang ibu punya peran penting. Selain menyiapkan makanan terbaik bagi keluarga, mereka juga bertugas memberikan pendidikan bagi anaknya.

Hanya saja, dinamika kehidupan perempuan di Tanah Air ternyata beragam. Bahkan, Megawati mengaku kerap mendengar masalah rumah tangga yang membuatnya menjadi konsultan.

Salah satunya, adanya perselingkuhan dalam rumah tangga. Biasanya, Megawati akan menyarankan ibu-ibu yang diselingkuhi untuk bercerai.

"Bener lho. Kamu (perempuan, red) punya harga diri aku bilang," tegasnya.

"Jangan mau digituin. Jangan mau digituin. Tolong ya, bapak-bapak, kalau benar-benar cinta sama ibu-ibu diurus yang baik. Ayo, lihat saja di tv (ada suami yang, red) istrinya digaplokin (dipukuli), piye toh," sambung Presiden ke-5 RI itu.

Megawati mengatakan seorang laki-laki memang menjadi imam dalam keluarga menurut ajaran agama Islam.

"Saya mengerti soal itu. Tapi saya bilang harus pakai koma bahwa memberikan memberikan kehidupan baik, akad yang baik, mencnitai anak-anaknya, itu tugas laki-laki juga lho. Bukannya perempuan, lho," tegasnya.

Sehingga, ke depan ibu-ibu diharap bisa memilih Ganjar. Dipastikan Gubernur Jawa Tengah yang menjadi calon presiden (capres) akan memberikan bantuan jika ada perempuan yang menjadi korban kekerasan.

"Karena pasti ibu-ibu ditolong dari sisi hukum," pungkasnya.