Kopdarnas PSI Hadirkan Budiman Sujatmiko, Bakal Umumkan Dukung Prabowo?
Ketum Gerindra Prabowo Subianto bersama pengurus PSI/DOK Instagram @prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Tennis Indoor Senayan pada malam ini. Petinggi PSI seperti dewan pembina, pengurus di tingkat pusat, juru bicara, dan ribuan kader dari seluruh Indonesia.

Juru Bicara PSI Sigit Widodo menyebut, Kopdarnas PSI akan menghadirkan sejumlah tokoh politik, yang salah satunya adalah politikus PDIP Budiman Sujatmiko.

Selain itu, putri Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid juga dikabarkan akan menghadiri acara tersebut.

"Yang sudah konfirmasi hadir Mas Budiman Sudjatmiko dan Mbak Yenny Wahid," kata Sigit kepada VOI, Selasa, 22 Agustus.

Sigit menjelaskan, acara ini menjadi forum pembahasan sikap politik partai berlambang mawar tersebut dalam pemilu 2024 dan penentuan arah dukungan PSI kepada bakal calon presiden.

Namun, Sigit enggan membeberkan siapa bakal capres yang akan diumumkan untuk didukung PSI dalam Kopdarnas nanti.

"Tunggu saja nanti malam," ungkap Sigit.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu PSI menerima kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kantor DPP PSI pada Rabu, 2 Agustus.

Saat itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie belum membeberkan siapa bakal capres yang akan didukung PSI. Ia mengatakan bahwa masih ada mekanisme yang perlu dijalani sebelum mengumumkan secara resmi dukungan politik PSI.

"Kapan akan diumumkan? Tunggu saja. Kita masih ada punya Kopdarnas (Kopi Darat Nasional) pada 22 Agustus mendatang," ucap Grace.

Di satu sisi, Budiman Sujatmiko juga telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo, meskipun partainya telah mengusung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Dukungannya terhadap Prabowo diungkapkan Budiman dalam acara relawan Prabowo-Budiman (Prabu) Bersatu di Semarang, Jawa Tengah, Jumat 18 Agustus. Beberapa hari setelah pertemuan itu, PDIP memanggil Budiman untuk memberikan klarifikasi atas pertemuan dengan Prabowo Subianto.