Bagikan:

JAKARTA - Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas tiga nama calon presiden (capres) mulai dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Berdasarkan survei terbaru Voxpol ini, Prabowo berada di posisi puncak klasmen dari segi tingkat popularitas, likeabilitas dan elektabilitas kandidat capres.

Elektabilitas Prabowo sebagai capres yang diusung Gerindra, PKB, PAN dan Golkar dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) tertinggi dibandingkan dua kandidat lain dengan perolehan angka sebesar 33,6 persen.

"Dari segi elektabilitas menunjukkan bahwa Prabowo Subianto saat ini meraih elektabilitas tertinggi berada pada angka 33,6 persen," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting PangiSyarwi Chaniago dalam keterangan tertulisnya, Selasa 15 Agustus.

Selanjutnya capres yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di posisi kedua elektabilitas capres tertinggi versi survei Voxpol. Elektabilitas Ganjar menyentuh 28 persen.

Disusul posisi ketiga ditempati capres yang didukung NasDem, Demokrat, dan PKS yaitu Anies Baswedan. "Dan Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas 22,4 persen di posisi ketiga," imbuhnya.

Sisa kandidat capres lain yang tidak dituliskan namanya memiliki elektabilitasnya berada di bawah 5 persen.

Survei Voxpol ini dilakukan dari 24 Juli-2 Agustus 2023 dengan menggunakan metode multistage randomsampling. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,83%.

Survei ini menjangkau 34 provinsi secara proporsional berdasarkan data Daftar pemilih Tetap (DPT) pemilu 20204. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam secara tatap muka (face to face) oleh surveyor yang sudah terlatih.