Kebun Raya Bogor Solusi Kualitas Buruk Udara di Jakarta
Kebun Raya Bogor (Ist)

Bagikan:

BOGOR - Belakangan ini kualitas udara di Jakarta menjadi salah satu yang terburuk di dunia. Hal itu berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir.

Pada pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5. 40 persen.

Dengan demikian kualitas hidup orang di perkotaan sangat tidak sehat dan cenderung membahayakan.

Bagi masyarakat perkotaan, mencari udara sehat dan segar adalah salah satu solusi jangka pendek yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan di tengah-tengah kondisi seperti ini.

Salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan healing dan mengunjungi kebun raya.

Kebun raya adalah kawasan konservasi ilmiah yang merupakan lahan yang ditanami oleh jenis tumbuhan yang ditujukan untuk pemanfaatan sebagai koleksi, penelitian dan konservasi milik BRIN.

Tak hanya itu kebun raya juga berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung dan masyarakat.

Sampai saat ini terdapat empat kebun raya yang menjadi unggulan nasional, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali.

Masing-masing kebun raya memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Namun, terdapat benang merah yang sama, yakni keempat kebun raya memiliki udara yang sejuk, minim polusi dan kaya akan literasi edukasi keanekaragaman hayati Indonesia.

"Menikmati udara sejuk di kebun raya dalam kondisi udara Ibu Kota Jakarta yang sedang tidak bagus bisa menjadi alternatif liburan singkat yang kini banyak digemari masyarakat," kata General Manager Corporate Communication PT. Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin, Senin 14 Agustus.

Masyarakat Jabodetabek, banyak memilih melakukan liburan di tempat wisata terdekat, salah satu yang menjadi favorit yakni Kebun Raya Bogor.

Dengan area seluas 87 hektare, merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola Kebun Raya Bogor untuk menjaga mutu kebersihan dan layanan.

"Apabila ingin sedikit lebih jauh, dapat menuju ke Kebun Raya Cibodas, dengan perjalanan selama 2-3 jam dari Jakarta, masyarakat ibu kota akan mendapatkan suasana kebun raya dengan kontur bukit dan pegunungan sehingga dapat merasakan suasana sejuk khas pegunungan," ujarnya.

Di Jawa Timur, terdapat Kebun Raya Purwodadi yang dekat dengan Surabaya dan Malang.

"Di mana ini merupakan kebun raya dengan karakter dataran rendah tropis. Sedangkan di Bali, terdapat Kebun Raya Bali di dataran tinggi kawasan Bedugul, sehingga suasana sejuk khas pegunungan seperti di Kebun Raya Cibodas dapat dirasakan," ungkap Zaenal.

PT Mitra Natura Raya yang mengelola empat Kebun Raya di Indonesia tersebut, tentu saja terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

"Tidak hanya dalam segi pelayanan dan eduwisata, tetapi keberadaan kebun raya juga memiliki fungsi jasa lingkungan yang sangat berguna di tengah-tengah maraknya polusi udara akhir-akhir ini," tutupnya.